Sabtu, 20/04/2024 08:31 WIB

Korsel: Jepang Menganggap Kita Musuh

Seoul mengumumkan pekan lalu bahwa pihaknya tidak akan memperbarui Perjanjian Keamanan Umum Informasi Militer (GSOMIA), yang ditandatangani pada tahun 2016.

Kim Hyun-chong, wakil kepala Kantor Keamanan Nasional, menyatakan penyesalan yang kuat atas langkah Jepang untuk menghapus Korea Selatan dari daftar putih mitra dagang preferensial di kantor kepresidenan di Seoul pada 28 Agustus 2019. Foto oleh Yonhap

Jakarta, Jurnas.com - Seorang Pejabat Pemerintah Korea Selatan sangat menyesalkan dikeluarkannya daftar putih Jepang dari mitra dagang dan mengatakan bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memperlakukan Seoul sebagai musuh. Langkah itu, yang diumumkan Jepang awal bulan ini, secara resmi mulai berlaku pada hari Rabu.

Dalam sebuah konferensi pers, Wakil Penasihat Keamanan Nasional Kim Hyun- chong menyebut penghapusan daftar putih sebagai "pembalasan ekonomi" atas putusan Mahkamah Agung Korea Selatan tahun lalu bahwa perusahaan-perusahaan Jepang harus membayar kompensasi kepada para korban Korea dari kerja paksa di masa perang.

"Pemerintah Korea Selatan sangat menyesalkan tindakan terbaru yang diambil oleh Jepang," kata Kim dilansir UPI.

"Tokoh-tokoh terkemuka di Jepang berbicara seolah-olah Korea adalah negara yang tidak dapat dipercaya yang tidak mematuhi hukum internasional," tambah Kim.

"Lebih jauh, Perdana Menteri Abe berkomentar dua kali bahwa Korea tidak bisa dipercaya dan memperlakukan kita seperti musuh."

Jepang telah lama berargumen bahwa semua klaim reparasi masa perang diselesaikan oleh perjanjian bilateral 1965 yang menormalisasi hubungan antara kedua negara, yang sebagian di antaranya memerlukan hibah $ 300 juta dalam bantuan ekonomi dan sekitar $ 500 juta dalam pinjaman pembangunan.

Namun, pengadilan Korea Selatan telah memutuskan bahwa kesepakatan itu tidak membahas pelanggaran HAM yang diderita para korban.

Penasihat keamanan itu juga membela keputusan Korea Selatan untuk menarik diri dari pakta intelijen berbagi militer dengan Jepang, dengan mengatakan bahwa kepercayaan antara kedua negara telah dirusak.

Seoul mengumumkan pekan lalu bahwa pihaknya tidak akan memperbarui Perjanjian Keamanan Umum Informasi Militer (GSOMIA), yang ditandatangani pada tahun 2016.

"Sekarang kepercayaan dasar telah diruntuhkan antara kedua negara seperti yang diklaim Jepang, tidak ada pembenaran untuk mempertahankan GSOMIA," kata Kim.

Perjanjian intelijen dijadwalkan berakhir pada bulan November, dan Kim menambahkan masih ada waktu untuk mempertimbangkan kembali masalah tersebut jika Jepang menghapus batasan perdagangannya, mengomentari komentar yang dibuat kemarin oleh Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon.

"Kemarin, Perdana Menteri Lee menyebutkan bahwa karena masih ada tiga bulan tersisa sampai penghentiannya, GSOMIA dapat dipertimbangkan kembali jika kedua belah pihak dapat mencapai solusi dalam periode berikutnya dan jika Jepang menarik langkah-langkah yang tidak beralasan," tutur Kim.

"Izinkan saya menunjukkan bahwa bola itu sekarang ada di pengadilan Jepang," tambahnya.

Amerika Serikat, sekutu Korea Selatan dan Jepang, bereaksi negatif terhadap keputusan Seoul untuk menarik diri dari GSOMIA, dengan Departemen Luar Negeri dan Pentagon berkomentar tentang hal itu minggu lalu.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan bahwa Washington "kecewa" dengan keputusan itu, sementara juru bicara Departemen Pertahanan menyatakan keprihatinan yang kuat.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Morgan Ortagus mengangkat masalah itu lagi kemarin, tweeting bahwa penarikan akan meningkatkan risiko pasukan AS yang ditempatkan di wilayah tersebut.

"Kami sangat kecewa dan prihatin bahwa pemerintah ROK mengakhiri Keamanan Umum Perjanjian Informasi Militer," ia mentweet.

"Ini akan membuat membela Korea lebih rumit dan meningkatkan risiko pasukan AS."

KEYWORD :

Korea Selatan Negara Jepang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :