Sabtu, 20/04/2024 06:34 WIB

Alasan Herman Deru Mengharapkan Kementan Kembali Dipimpin Menteri Amran

Menteri Amran, juga telah menkucurkan sebanyak 1.700 Alsintan di Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selata, Herman Deru saat mendampingi Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman saat mengunjungi lahan rawa lebak di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Rabu (28/8).

Sumatera Selatan - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menyatakan secara pribadi masih mendambakan sosok Andi Amran Sulaiman di Kabinet Kerja Joko Widodo-Ma`ruf Amin.

Pernyataan itu dilontarkan saat mendampingi Amran mengunjungi dan memanen padi di lahan rawa secara perdana di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Rabu (28/8).

Alasan Deru itu bukan isapan jempol semata. Terbukti Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah komando pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu berhasil mengantarkan Sumatera Selatan dari peringkat delapan menjadi urutan ke lima penyumbang pangan nasional.

"Alahmudillah, peningkatan Sumatera Selatan luar biasa, produksinya naik 1,6 juta ton sejak Pak Amran dilantik jadi Menteri," ujar Deru.


Selain itu, Harapan Deru menjadikan Sumatera Selatan sebagai lumbung pangan nasional nomor satu pada 2021 sejalan dengan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) gagasan Amran.

Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, mencatat, lahan rawa Sumatera Selatan yang sudah tervalidasi kurang lebih ada 200 ribu hektare. Namun, sebetulnya lahan tidur yang cocok pertanian di kawasan ini sekitar 1,4 juta hektare.

Tahun ini, jika target Sumatera Selatan berhasil mencapai Luas Tambah Tanam seluas 200 ribu hektare hingga akhir tahun, maka akan meningkatkan pendapatan Sumatera Selatan Rp14 triliun.

Selain itu, kata Deru, Menteri Amran, juga telah menggelontorkan sebanyak 1.700 Alsintan di Sumatera Selatan. Eksavator sendiri sebanyak 128 unit yang nilainya Rp300 miliar.

"Dengan bantuan Serasi, diharapkan petani tidak membakar lahan, tapi mengolah dengan alat mesin pertanian menggunakan eskavator," jelas Deru.

"Selain menekan angka kebakaran hingga nol, tujuan dari program Serasi Kementan ini adalah untuk meningkatkan pendapatan dan mensejahterakan masayarakat Sumatera Selatan," sambungnya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Herman Deru Sumatera Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :