Sabtu, 20/04/2024 21:04 WIB

Megawati Jadi Keynote Speaker Forum Perdamaian di Korsel

Akan ada lebih dari 100 peserta dari AS, Tiongkok, Jepang, Rusia, negara Asean, Timur Tengah, Afrika, Amerika Tengah

Megawati Soekarnoputri di Korsel

Seoul, Jurnas.com - Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri terbang di Seoul, Korea Selatan untuk mengikuti DMZ International Forum on the Peace Economy yang digelar 28-29 Agustus 2019.

Di arena itu, Megawati akan menjadi salah satu pembicara utama bersama mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroder, mantan PM Jepang Yukio Hatoyama, Presiden pertama Mongolia Punsalmaagiin Ochirbat, serta beberapa tokoh penting lainnya dari Rusia, AS, dan Norwegia.

Setelah sambutan Perdana Menteri Korsel Lee Nak-yon, Megawati akan menjadi pembicara pertama yang menyampaikan pandangannya di forum itu.

Forum Internasional DMZ untuk Ekonomi Damai itu diselenggarakan oleh The Korean Institute for International Economy Policy (KIEP) dan National Research Council for Economics, Humanities, and Social Sciences (NRC). Tema forum adalah `ekonomi damai dan kesejahteraan di Semenanjung Korea dan sekitarnya`.

Rencananya, seluruh peserta forum akan dibawa untuk berkunjung ke zona demiliterisasi (DMZ) di antara Korea Selatan dan Korea Utara. Sehingga semua menghargai sepenuhnya kenyataan pemisahan antara kedua Korea dan kebutuhan mendesak untuk mengamankan perdamaian di Semenanjung.

Berdasarkan keterangan di pamflet milik panitia, tujuan acara itu adalah agar bisa menyaksikan secara langsung sejauh mana perdamaian telah dibangun di Semenanjung Korea dan hubungan antar-Korea telah meningkat. Sekaligus mengomunikasikan Prakarsa Peta Ekonomi Baru untuk Semenanjung Korea.

Tujuan lainnya, untuk mempromosikan pemahaman dan konsensus di antara para tamu internasional terkemuka tentang visi pemerintah Korea tentang Rezim Semenanjung Korea Baru dan ekonomi yang digerakkan oleh perdamaian.

Akan ada lebih dari 100 peserta dari AS, Tiongkok, Jepang, Rusia, negara Asean, Timur Tengah, Afrika, Amerika Tengah, perwakilan organisasi internasional hingga dari pihak Korsel sendiri.

Megawati sendiri telah tiba di Seoul, Korea Selatan, setelah menempuh perjalanan udara dari Indonesia.

Pesawat yang membawa Megawati mendarat di Bandara Gimpo, yang terletak di ujung barat ibukota Korea Selatan itu, Senin (26/8/2019), sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Di dalam perjalanan itu, Megawati yang merupakan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu ditemani unsur keluarga yakni menantunya Nancy Hendriati Shrindani dan cucunya Dyah Pitaloka Mirah Rosa. Ketua DPP PDI Perjuangan, Rokhmin Dahuri, tiba besok untuk bergabung dengan rombongan.

Megawati menyapa para wartawan yang menyambutnya dengan hangat. Tampak juga Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi bersama istri dan sejumlah stafnya ikut menyambut Megawati.

Saat di ruang santai untuk istirahat sejenak, Megawati memperkenalkan menantu dan sang cucu yang saat ini masih menempuh studi interior disain di sebuah kampus di London, Inggris. Dia mengaku cucu-cucunya mengambil studi sesuai keinginannya, asalkan punya alasan kuat.

"Kita memang harus mendorong anak-anak muda sekarang untuk merdeka mengambil pilihan studi apapun, asal dia bisa menjelaskan dan mengerti kenapa mengambilnya," kata Megawati.

KEYWORD :

Megawati Soekarnoputri Forum Perdamaian Seoul Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :