Senin, 23/09/2019 08:20 WIB

AS Berencana Datangkan Rusia pada KTT G7 Tahun Depan

Uni Eropa menegaskan tidak akan menyetujui pengembalian Rusia ke G8. Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk mengatakan, alasan mengapa Rusia tidak diundang pada 2014 masih berlaku.

Kelompok G7 (Foto: Twitter)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan sangat mungkin mengundang Presiden Rusia, Vladimir Putin sebagai tamu pada Konferensi Tingkat Tinggi Group 7 (KTT G7) tahun depan.

Trump mengatakan kepada wartawan di Kota Biarritz, Prancis, Minggu (25/8), sangat mungkin mengundang Putin ke KTT berikutnya yang akan diadakan di AS pada 2010.

Tepat setelah pernyataan Trump, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Rusia akan mempertimbangkan undangan tersebut.

Pada Sabtu, Uni Eropa menegaskan tidak akan menyetujui pengembalian Rusia ke G8. Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk mengatakan, alasan mengapa Rusia tidak diundang pada 2014 masih berlaku.

Rusia dikeluarkan dari G8 pada 2014 karena pencaplokan ilegal Krimea dari Ukraina serta dukungan politik dan militernya untuk separatis di Ukraina timur.

G7 adalah forum tujuh negara dengan ekonomi dan industri paling maju di dunia, yang beranggotakan Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, AS dan Kanada. Para pemimpin negara-negara anggota bertemu setiap tahun untuk membahas masalah ekonomi, politik, sosial dan keamanan global.

TAGS : KTT G7 Amerika Serikat Uni Eropa Vladimir Putin




TERPOPULER :