Rabu, 18/09/2019 07:44 WIB

Nepal Larang Bawa Plastik Sekali Pakai ke Gunung Everest

Larangan serupa pada tahun 1999 tidak pernah diterapkan, sebagian karena perlawanan dari penduduk setempat.

Gunung Everest, Nepal

Jakarta, Jurnas.com - Para pejabat di Nepal mengumumkan plastik sekali pakai di sekitar Gunung Everest akan sepenuhnya dilarang tahun depan. Hal ini sebagai bagian dari upaya untuk mengekang polusi yang ditinggalkan oleh pendaki dan wisatawan di dunia.

Nepal mengatakan penggantian botol plastik dan plastik sekali pakai di bawah tebal 0,1212 inci di Khumbu, sebuah wilayah di sisi Nepal Gunung Everest. Toko area juga akan dilarang menjual produk-produk tersebut.

"Semua jenis kantong plastik, botol, dan barang-barang yang tidak memenuhi standar yang diberikan akan dilarang di sini. Siapa pun yang menggunakan barang-barang plastik yang dilarang akan didenda," Ganesh Ghimire, kepala petugas administrasi Kota Pedesaan Khumbu Pasanglhamu dilansir UPI.

Aturan baru , yang mulai berlaku 1 Januari datang setelah kenaikan baru-baru pariwisata dibawa dengan meningkatnya jumlah pengunjung sampah yang ditinggalkan di gunung tertinggi dunia tersebut.

Larangan serupa pada tahun 1999 tidak pernah diterapkan, sebagian karena perlawanan dari penduduk setempat.

"Penduduk setempat sekarang benar-benar prihatin dengan masalah perubahan iklim dan polusi berlebihan di wilayah Khumbu, jadi kali ini larangan itu akan efektif," kata Ghimire.

Gunung Everest dibagi oleh perbatasan Nepal-China.

TAGS : Gunung Everest Pemerintah Nepal Plastik Sekali Pakai




TERPOPULER :