Rabu, 18/09/2019 08:22 WIB

Khasiat Tersembunyi Minyak Argan untuk Kulit Wajah

Minyak argan sering disebut emas cair karena khasiatnya untuk melembapkan kulit yang telah dikenal sejak zaman dahulu.

Minyak argan punya khasiat lebih pada wajah Anda (Foto: Amazingwellnesmag)

Jurnas.com - Tahukah Anda salah satu rahasia kecantikan para perempuan Timur Tengah adalah berkat rutin menggunakan minyak argan pada kulit dan rambut mereka? Minyak argan adalah minyak yang berasal dari ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di daratan Maroko.

Minyak argan sering disebut emas cair karena khasiatnya untuk melembapkan kulit yang telah dikenal sejak zaman dahulu. Minyak ini kaya dengan vitamin A dan vitamin E. Selain itu, minyak argan juga mengandung antioksidan, asam lemak omega-6, dan asam linoleat.

Bila dioleskan ke kulit, trocopherol dari vitamin E, membantu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Inilah mengapa, mengapa banyak perusahaan kosmetik membuat minyak argan sebagai bahan baku ke dalam produk anti penuaan, perawatan rambut, dan perawatan kulit yang memiliki kualitas terbaik. Tidak percaya? Coba cek bahan produk kosmetik yang Anda punya.

Tidak suka minyak yang berminyak, agak sulit, terasa lengket dan tidak nyaman setelah dioleskan, minyak argan sulit difusikan, tidak sulit, dan tidak lengket atau tidak berminyak.

Manfaat minyak argan untuk kulit wajah beragam, diatasi melembapkan kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan garis halus dan keriput, serta mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar matahari.

Minyak argan merupakan bahan alami yang berminat dan spesial yang bisa digunakan untuk kulit yang tampak lembut, ternutrisi dan bercahaya atau bercahaya .

Meski harganya terbilang mahal, Anda tak perlu khawatir karena penggunaannya hanya memerlukan beberapa tetes saja. Berikut penggunaan minyak argan untuk kulit wajah adalah:

1. Pelembap di malam hari

Setelah mencuci wajah, tuang satu tetes minyak argan ke telapak tangan Anda dan oleskan dengan gerakan memutar ke wajah dan leher. Langkah ini akan membantu menjaga kelembapan wajah Anda di malam hari dan memberi minyak argan waktu yang cukup untuk bekerja di kulit saat Anda tidur.

2. Untuk eksfoliasi

Eksfoliasi penting untuk memberi kesempatan kulit beregenerasi. Namun seringkali, proses pengelupasan dengan berbagai agen baik kimia maupun fisik dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi. Dengan menggunakan minyak argan, Anda bisa mengurangi dampak iritasi saat proses eksfoliasi sekaligus menjaga kelembaban kulit.

Anda bisa mencampur 1 satu sendok makan gula merah (brown sugar) dengan beberapa tetes minyak argan, lalu oleskan memutar ke wajah selama 2 sampai 4 menit kemudian basuh dengan air hangat.

3. Obat jerawat

Penelitian menyatakan bahwa minyak argan dapat membantu mengurangi kadar sebum atau minyak pada mereka yang memiliki kulit berminyak.

Kandungan asam linoleat yang tinggi pada minyak argan dapat membantu meredakan inflamasi akibat jerawat dan menenangkan sel kulit yang rusak.

Anda dapat menotolkan minyak argan pada daerah yang bermasalah secara rutin untuk membantu meredakannya.

Meskipun minyak argan sebagai bahan alami terbilang aman digunakan untuk semua jenis kulit, Anda tetap harus perhatikan jika timbul tanda alergi atau iritasi setelah penggunaan.

Untuk mengecek adanya reaksi efek samping, sebaiknya coba dulu minyak argan pada area kecil di leher dan tunggu beberapa saat. Jika tidak ada reaksi yang muncul, Anda dapat menggunakannya di seluruh wajah.

TAGS : Minyak Argan Perawatan Kulit




TERPOPULER :