Kamis, 19/09/2019 02:55 WIB

AS Memohon Korut Tak Lagi Uji Coba Rudal

Pyongyang menggelar enam kali uji coba rudal dalam tempo waktu satu bulan terakhir, sebagai respon atas latihan militer Korea Selatan (Korsel) dan AS.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo berharap Korea Utara (Korut) tidak lagi melakukan uji coba rudal.

Seperti diketahui, Pyongyang menggelar enam kali uji coba rudal dalam tempo waktu satu bulan terakhir, sebagai respon atas latihan militer Korea Selatan (Korsel) dan AS.

Dalam keterangannya, Pompeo juga menegaskan bahwa Gedung Putih ingin melanjutkan negosiasi yang terhenti terkait denuklirisasi dengan Pyongyang.

"Saya berharap mereka tidak akan melakukan itu," kata Pompeo terkait uji coba rudal dilansir dari CNA pada Selasa (20/8).

Pompeo berharap bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan setuju untuk melanjutkan negosiasi, setelah tiga pertemuan tatap muka dengan Presiden AS Donald Trump.

"Kami belum kembali ke meja secepat yang kami harapkan. Kami sudah cukup jelas selama ini. Kami tahu akan ada kendala dalam prosesnya," terang dia.

Terkait hal itu, dia mengatakan bahwa perwakilan khusus Departemen Luar Negeri AS untuk negosiasi Korea Utara, Stephen Biegun, akan berada di Asia minggu ini.

"Kami berharap Ketua Kim akan datang ke meja, mendapatkan hasil yang lebih baik. Ini akan lebih baik bagi rakyat Korea Utara. Itu akan lebih baik bagi dunia," tandas Pompeo.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Mike Pompeo




TERPOPULER :