Sabtu, 20/04/2024 23:24 WIB

Ramai- ramai Berkebaya di Dalam MRT

Di sepanjang perjalanan, peserta maupun para penumpang MRT menyanyikan lagu-lagu Nasional.

Alumni SMA Bersatu berkumpul dan berkebaya di MRT (Foto: Instagram)

Jurnas.com - Masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 RI pada hari Selasa 20 Agustus 2019 Alumni SMA Indonesia Bersatu (ASIB), sekelompok alumni SMA seluruh Indonesia yang Cinta NKRI mengadakan kegiatan ramai-ramai naik MRT dengan mengenakan kebaya atau busana nasional.

Di sepanjang perjalanan, peserta maupun para penumpang MRT menyanyikan lagu-lagu Nasional yang dipandu oleh beberapa kelompok paduan suara.

Berangkat dari Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Stasiun MRT Bundaran Hi (bolak-balik) kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 500 peserta dari Jabodetabek dan beberapa koa lainnya seperti dari Bandung Solo, Yogyakarta dan Surabaya.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan cinta tanah air, nasionalisme sekaligus mempopulerkan warisan budaya Nusantara- yaitu kebaya dan busana nasional - ASIB sebagai representasi masyarakat yang berjiwa Pancasila menginisiasi kegiatan yang diberi nama "Senandung Cinta Bangsa".

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua kali perjalanan/trip, terbuka bagi umum serta tidak dipungut biaya. Namun setiap peserta diwajibkan memiliki kartu akses untuk masuk dan keluar Stasiun MRT yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB berangkat dari Stasiun MRT Lebak Bulus dan berakhir di stasiun MRT Bundaran HI.

Di dalam gerbong MRT, beberapa kelompok paduan memandu peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu-lagu Nasional seperti Maju Tak Gentar, Bagimu Negeri, Indonesia Pusaka dan masih banyak lagi.

Demikian pula perjalanan kembali dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus, peserta dan beberapa penumpang MRT bersama-sama menyanyikan lagu-lagu Nasional di dalam gerbong MRT.

Perjalanan dimulai tepat pada pukul 14.00 WIB. Dan semuanya ini akan didokumentasikan oleh Richard Buntario & team dalam bentuk video klip, yang nantinya akan di posting di media sosial, dan selanjutnya diharapkan menjadi semangat baru menularkan semangat nasionalisme pada masyarakat umum secara nasional.

Mereka berharap, MRT sebagai moda transportasi terbaru di Indonesia, khususnya di ibukota Jakarta, dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai transportasi umum ketimbang menggunakan kendaraan pribadi di tengah lalu lintas Jakarta yang kerap dilanda kemacetan.

Selain itu juga masyarakat yang gemar berbusana nasional khususnya kebaya memiliki rasa cinta dan bangga pada Indonesia lebih daripada sebelumnya.

Ada performance tambahan di lobby Stasiun Bundaran HI. Seluruh kelompok paduan menyanyikan lagu Nasional secara medley yang dapat dinikmati oleh para peserta maupun masyarakat umum yang berada di dalam stasiun PT. MRT Jakarta selaku pengelola MRT mendukung penuh kegiatan ini. 

Kelompok Paduan Suara yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Persatuan Wanita Maluku Indonesia, Alumni Mahasiswa Universitas
Trisakti, Bina Vokalia, Team Musik Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia, Rumah Cinta Indonesia (RCI), dan tak lupa Alika, penyanyi cilik berbakat berusia 11 tahun, turut menampilkan kebolehannya bernyanyi di dalam MRT.

KEYWORD :

Selasa Berkebaya SMA Bersatu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :