Sabtu, 20/04/2024 18:31 WIB

AS Ingin Perbaiki Hubungan India-Pakistan

Hubungan antara Islamabad dan New Delhi, yang bermusuhan, semakin tegang atas keputusan India bulan ini 

Peta India dan Pakistan (Foto: Al Jazeera)

New Delhi, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbicara dengan pemimpin India dan Pakistan pada Selasa (20/8), membahas prospek untuk meningkatkan hubungan perdagangan dengan Washington, dan menekankan perlunya mengurangi ketegangan dengan Pakistan.

"Berbicara kepada dua teman baik saya, Perdana Menteri Modi India, dan Perdana Menteri Khan dari Pakistan, mengenai Perdagangan, Kemitraan Strategis dan, yang paling penting, bagi India dan Pakistan untuk bekerja mengurangi ketegangan di Kashmir. Situasi yang sulit, tetapi percakapan yang baik!" kata Trump dalam cuitannya di Twitter.

Hubungan antara Islamabad dan New Delhi, yang bermusuhan, semakin tegang atas keputusan India bulan ini untuk mencabut status khusus dari bagiannya, di wilayah Kashmir yang diklaim kedua negara.

Pakistan bereaksi dengan geram, memotong jalur transportasi dan perdagangan dan mengusir duta besar India sebagai balasan.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan kepada Trump bahwa ia berharap Menteri Perdagangan India dan perwakilan perdagangan AS akan bertemu lagi untuk membahas perdagangan bilateral.

"Kedua pemimpin lebih lanjut membahas bagaimana mereka akan terus memperkuat hubungan ekonomi Amerika Serikat-India melalui peningkatan perdagangan, dan mereka berharap untuk segera bertemu lagi," kata Gedung Putih dilansir dari CNA.

Trump juga menekankan selama panggilan perlunya menurunkan ketegangan antara India dan Pakistan, menurut Gedung Putih.

Negosiator perdagangan AS dan India mengakhiri pembicaraan pada Juli lalu, tanpa membuat kemajuan besar pada serangkaian sengketa tarif, dan langkah-langkah proteksionis lainnya yang dipaksakan oleh kedua belah pihak yang memperketat hubungan bilateral.

Kedua belah pihak memulai kembali pembicaraan perdagangan, setelah Trump dan Modi bertemu di sela-sela KTT G20 pada Juni, dan sepakat untuk berusaha memperdalam hubungan kedua negara.

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Trump juga telah berbicara dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan untuk "membahas kebutuhan untuk mengurangi ketegangan dan retorika moderat" dengan India mengenai situasi di Kashmir.

"Presiden menegaskan kembali perlunya untuk menghindari eskalasi situasi dan mendesak pengekangan di kedua sisi," Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut, Trump dan Khan juga sepakat untuk bekerja sama untuk memperkuat hubungan perdagangan dan ekonomi.

KEYWORD :

Amerika Serikat India Pakistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :