Minggu, 18/08/2019 07:37 WIB

Turki Tingkatkan Hubungan dengan Iran di Semua Lini

ouhani mengatakan, Republik Islam Iran benar-benar siap untuk memperluas hubungan dengan Turki sebagai negara yang bersahabat dan bersaudara.

Presiden Turki menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bersalaman dengan Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto oleh AFP)

Ankara, Jurnas.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, negaranya siap untuk lebih meningkatkan hubungannya dengan Iran di semua lini.

Erdogan melontarkan pernyataan tersebut dalam sambungan telepon dengan rekannya dari Iran, Hassan Rouhani, Minggu (11/8).

Sementara itu, Rouhani mengatakan, mengatakan Republik Islam Iran benar-benar siap untuk memperluas hubungan dengan Turki sebagai negara yang bersahabat dan bersaudara.

Ia juga menggambarkan perlunya percepatan implementasi perjanjian sebelumnya antara kedua negara tetangga.

Iran dan Turki, sebagai mitra dagang utama, berencana meningkatkan perdagangan tahunan mereka menjadi 30 miliar dolar yang bertentangan dengan tekanan AS yang bertujuan mengisolasi ekonomi Iran.

Dalam periode tiga bulan yang dimulai pada akhir Maret 2019, Turki mengimpor sekitar USD2,2 miliar barang dan jasa dari Iran. Ini merupakan lompatan lima kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018, menurut data yang dirilis kamar dagang Teheran pada Senin (12/8).

Erdogan mengucapkan selamat kepada Rouhani, pemerintah Iran dan negara yang merayakan Iduladha, dan menyatakan harapan Iduladha dapat membangkitkan dan menyatukan dunia Muslim serta memperkuat persatuan dan persaudaraan di antara negara-negara Islam.

Rouhani juga mengucapkan selamat merayakan Iduladha kepada bangsa dan pemerintah Turki dan semua orang Muslim di seluruh dunia.

Iduladha atau Hari Raya Kurban adalah yang kedua dari dua hari Islam yang dirayakan di seluruh dunia setiap tahun (yang lainnya adalah Idul Fitri), dan dianggap sebagai yang paling suci dari keduanya.

Iduladha menghormati kesediaan Nabi Ibrahim mengorbankan putranya sebagai tindakan kepatuhan terhadap perintah Allah. Sebelum Abraham bisa mengorbankan putranya, Tuhan menyediakan seekor domba jantan untuk dikorbankan

TAGS : Iduladha Recep Tayyip Erdogan Hassan Rouhani Iran




TERPOPULER :