Jum'at, 26/04/2024 05:06 WIB

Tips Ajarkan Makna Kurban pada Anak

Agar tak hanya melihat keseruan potong hewan kurban, dekatkan anak dengan sejarah dan nilai Iduladha dengan cara ini.

Seorang anak kecil bermain yang tak jauh dari suasana pemotongan kurban Idul Adha di Masjid Ar Rayyan, Vila Nusa Inda Indah 5. (Foto: Asep Irwansyah/Netizen)

Jakarta, Jurnas.com - Idul Adha merupakan momentum menstimulasi karakter kesalehan sosial bagi anak. Saat Kurban tiba, anak di berbagai lokasi Masjid seringkali, merasakan keseruan saat melihat hewan qurban akan disembelih.

Meskipun sebagian anak ada tak siap saat melihat hewan kurban disembelih. Namun demikian, keseruan ini penting disisipkan pendidikan karakter kepada anak agar ia mampu menangkap makna yang dalam dari prosesi Kurban.

Berikut tips yang perlu diperhatikan orangtua dari Ketua Komisi Perlindugan Anak Indonesia (KPAI) Susanto:

1. Cerita sejarah

Ceritakan kepada anak ttg sejarah berurban, agar anak mengetahui akar sejarah berikut nilai positifnya.

2. Ajak ada salat Iduladha

Mengajak anak salat Iduladha, tak hanya mendidik anak agar taat beribadah, namun ia bisa mengenal akan rangkaian Iduladha.

3. Jangan paksa anak

Jika anak tidak mau ikut salat Iduladha, jangan paksa mereka. Sepanjang stimulasi terus dilakukan orangtua kepada anak dengan teknik yang baik, pada saatnya ia akan tumbuh kenyamanan untuk menjalankan salat Iduladha.

4. Tumbuhkan anak akan pentingnya budaya hormat dan patuh.

Saat Ibrahim diperintah oleh Allah SWT utk mengurbankan anaknya, Nabi Ismail pun menunjukkan sikap hormat kepada orangtuanya dan patuh atas perintah Allah. Budaya hormat harus dididikkan kepada anak seiring kompleksitas tantangan perkembangan anak dewasa ini.

Apalagi ajaran agama, budaya indonesia dan ketentuan UU 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menegaskan bahwa hormat kepada orangtua dan guru merupakan kewajiban.

5.Berbagi dengan yang tidak mampu

Jelaskanbahwa Qurban selain menjalankan perintah Allah juga mengajarkan untuk berbagi kepada orang yang tidak mampu. Dengan demikian, qurban mengajarkan kepekaan sosial dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

 

KEYWORD :

Makna Kurban Tips Anak Idul Adha




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :