Sabtu, 24/08/2019 12:19 WIB

Iran Rilis Radar yang Mampu Mengenali Semua Jenis Rudal

Sebuah foto yang menunjukka. sistem radar Falaq Iran yang di-upgrade secara indigenous dan dirombak pada 10 Agustus 2019. (Foto: IRIB)

Teheran, Jurnas.com - Tentara Iran meluncurkan sistem radar Falaq, versi indigenously ditingkatkan dan dirombak dari sistem radar pertahanan udara asing.

"Sistem ini memiliki kemampuan tinggi dan dapat mengidentifikasi semua jenis rudal jelajah, pesawat siluman, sistem drone, dan rudal balistik untuk jarak 400 kilometer," kata komandan Pasukan Pertahanan Udara Angkatan Darat Iran Brigadir Jenderal Alireza Sabahi-Fard, Sabtu (10/8).

Falaq adalah sistem radar bertahap-array yang dapat dimasukkan ke dalam pertahanan udara terintegrasi yang lebih besar di negara itu, lebih lanjut meningkatkan jangkauan radar sistem yang ada, khususnya S-300.

Sistem ini dikembangkan untuk melawan sanksi yang membatasi akses ke suku cadang dari sistem yang sebelumnya dikembangkan asing.

Iran telah membuat terobosan besar di sektor pertahanannya dan mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan dan perangkat keras militer meskipun menghadapi sanksi dan tekanan ekonomi Barat.

Menahan berbagai sanksi dan embargo internasional sejak Revolusi Islam tahun 1979, Iran telah berupaya mengembangkan perangkat militernya sendiri sebagai bagian dari doktrin kemandirian umum.

Iran telah berhasil memproduksi beragam perangkat keras, termasuk tanknya sendiri, pengangkut personel lapis baja, rudal, radar, kapal, kapal selam, kendaraan udara tak berawak, dan pesawat tempur.

TAGS : Iran Amerika Serikat Sistem Radar Falaq




TERPOPULER :