Senin, 09/12/2019 17:46 WIB

Wujud Pertanian Tradisional Menjadi Modern Bikin Jokowi Kagum

Lima tahun ini, Kementerian Pertanian sudah banyak menyalurkan bantuan alat mesin pertanian.

Presiden RI, Joko Widodo (Foto: BPMI Setpres/Kris)

Jakarta, Jurnas.com - Pertanian Indonesia sudah mengalami transformasi dari pertanian tradisional menjadi modern. Saat ini hampir semua petani Indonesia sudah menggunakan mekanisasi pertanian modern yang merupakan program nyata Kementerian Pertanian (Kementan).

Kemajuan pertanian saat ini membuat Presiden Joko Widodo alias Jokowi kagum. Hal itu dilihat pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8).

"Saya kaget juga dalam satu kabupaten traktornya begitu banyaknya, excavatornya begitu banyaknya, sehingga lahan besar bisa dikerjakan dengan mekanisasi peralatan-peralatan yang ada yang saya lihat itu bantuan dari Menteri Pertanian," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, dalam lima tahun ini, Kementerian Pertanian sudah banyak menyalurkan bantuan alat mesin pertanian berupa traktor, excavator dan buldozer ke daerah-daerah yang memiliki lahan yang besar seperti di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Pembangunan pertanian Indonesia memang harus berani mengalihkan pola pertanian tradisional menuju ke pola pertanian yang modern memakai teknologi.

"Ini tugas bupati, wali kota, gubernur, menteri-menteri dan tugas kita semuanya," kata Presiden Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta bupati yang memiliki lahan yang bisa dikerjakan secara bukan manual lagi, agar meminta bantuan ke Kementan setiap tahun bantuannya banyak untuk alat-alat seperti itu.

"Jadi kami ubah petani yang sudah berpuluh-puluh tahun dengan untuk land clearing dengan cara membakar diganti dengan pembersihan land clearing dengan traktor, dengan excavator tanpa harus membuat api," kata Jokowi seraya menambahkan, di  APBD provinsi, APBD di Kabupaten/Kota ada semuanya.

"Berilah petani-petani kita dengan mindset yang baru, pola pikir yang baru dalam bekerja, jangan biarkan mereka sudah berpuluh-puluh tahun kita masih melihat petani yang enggak mungkin mau land clearing 2 hektar dicangkul, enggak mungkin," imbuh Jokowi.

Sebagaimana diketahui, Kementan dibawah kepemimpinan Menteri Andi Amran Sulaiman sudah membagikan secara gratis sekitar 499.000 unit alat mesin pertanian (alsintan) atau naik 2.000 persen kepada petani.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Roem Kono, menilai Amran merupakan salah satu tokoh di era Pemerintahan Jokowi-JK yang memiliki sederet prestasi.

Amran, kata Roem Kono, telah memberikan sentuhan inovasi di sektor pertanian yang dirasakan banyak orang, sehingga pembagunan pertanian saat ini sangat berbeda di era kabinet sebelumnya.

"Pola pertanian tradisional menjadi mekanisasi, pembangunan lahan di mana-mana sesuai dengan visi Presiden Jokowi yang membangun infrastruktur," ujarnya.

"Hasil dari keberhasilan modernisasi Pak Amran ini yang paling terasa tentang produksi jagung. Amran Sulaiman mampu dongkrak produksi jagung daerah. Hasilnya kita kan mampu ekspor tahun lalu 300 ribu ton lebih," tambah Roem.

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Modernisasi Pertanian Joko Widodo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :