Sabtu, 17/08/2019 20:55 WIB

Huawei Luncurkan OS "Open Source" Pengganti Google

Huawei meluncurkan sistem operasi (operating system/OS) open-source, HarmonyOS, pada Jumat (9/8) kemarin sebagai alternatif potensial untuk Android

Logo perusahaan Huawei

Shenzhen, Jurnas.com - Huawei meluncurkan sistem operasi (operating system/OS) open-source, HarmonyOS, pada Jumat (9/8) kemarin sebagai alternatif potensial untuk Android, jika OS operasi Google dilarang dari ponsel Huawei.

HarmonyOS, atau Hongmeng dalam bahasa China, adalah sistem operasi berbasis mikrokernel dan terdistribusi, yang dirancang untuk berbagai perangkat dan skenario, kata Richard Yu, CEO Consumer Business Group Huawei.

"Akan sangat cepat dan nyaman untuk mentransfer sistem operasi Android ke HarmonyOS jika Android tidak dapat diakses lagi. Hanya perlu satu hingga dua hari," kata Yu dilansir dari People`s Daily.

"Namun, ponsel Huawei akan memberikan prioritas kepada Android dengan mempertimbangkan ekosistem dan mitra," tambah Yu.

Yu mengatakan HarmonyOS, sebagai sistem operasi yang ringan dan kompak dengan fungsionalitas yang kuat, pertama kali akan digunakan dalam produk layar pintar Huawei yang akan diluncurkan pada Sabtu (10/8).

Dalam tiga tahun ke depan, sistem ini akan digunakan di lebih banyak perangkat pintar seperti jam tangan pintar dan sistem di dalam kendaraan, menurut Yu.

"Kita memasuki hari dan zaman di mana orang mengharapkan pengalaman cerdas holistik di semua perangkat dan skenario. Untuk mendukung ini, kami merasa penting untuk memiliki sistem operasi dengan kemampuan lintas platform yang ditingkatkan," kata Yu.

"Kami membutuhkan OS yang mendukung semua skenario, yang dapat digunakan di berbagai perangkat dan platform, dan yang dapat memenuhi permintaan konsumen untuk latensi rendah dan keamanan yang kuat."

Yu mengatakan pengembangan HarmonyOS akan bergantung pada ekosistem aplikasi dan pengembang yang dinamis.

"Untuk mendorong adopsi yang lebih luas, Huawei akan merilis HarmonyOS sebagai platform open-source di seluruh dunia," kata Yu.

Huawei juga akan membangun yayasan sumber terbuka dan komunitas sumber terbuka untuk mendukung kolaborasi yang lebih mendalam dengan pengembang.

TAGS : Huawei Sistem Operasi Open Source




TERPOPULER :