Sabtu, 24/08/2019 12:44 WIB

Keras terhadap China, Trump Bilang akan Untungkan AS

China pada akhirnya akan menguntungkan ekonomi Amerika.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (Foto: PressTV)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan, sikap kerasnya pada kebijakan ekonomi dan perdagangan China pada akhirnya akan menguntungkan ekonomi Amerika.

Bahkan, saat Beijing mengisyaratkan akan menyerang balik dengan mengekang penjualan bahan kimia yang dikenal sebagai tanah jarang yang digunakan dalam segala hal dari iPhone ke peralatan militer.

Tensi perang dagang AS-China meningkat setelah Washington mencap Beijing sebagai manipulator mata uang untuk pertama kalinya sejak 1994, dan mengatakan akan memberlakukan tarif 10 persen pada sisa USD300 miliar impor China, mulai 1 September.

Langkah-langkah itu menyentak pasar keuangan dan memicu kekhawatiran tentang resesi global.

Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa reaksipasar telah diantisipasi, tetapi ia tetap percaya diri pada kekuatan ekonomi AS.

"Pada akhirnya, itu akan menjadi jauh lebih tinggi daripada yang pernah terjadi, karena China seperti jangkar pada kami. Tiongkok membunuh kami dengan kesepakatan dagang yang tidak adil," katanya.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan masih mengharapkan para perunding China datang ke Washington pada September untuk mengadakan pembicaraan.

TAGS : Perang Dagang Amerika Serikat China




TERPOPULER :