Selasa, 15/10/2019 08:28 WIB

Jepang Peringati 74 Tahun Bom Hiroshima

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui kembali menegaskan seruan untuk menghilangkan senjata nuklir.

Bom atom (Foto: BBC)

Tokyo, Jurnas.com - Pemerintah Jepang memperingati 74 tahun terjadinya bom Hiroshima, pada Selasa (6/8), yang terjadi pada 6 Agustus 1945 silam.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui kembali menegaskan seruan untuk menghilangkan senjata nuklir.

Matsui, dikutip dari Associated Press, menyuarakan keprihatinan dalam pidatonya tentang kebangkitan politik, yang berpusat pada diri sendiri di dunia.

Karena itu, dia mendesak para pemimpin untuk terus bekerja supaya mencapai dunia tanpa senjata atom.

Matsui juga menuntut pemerintah Jepang untuk mewakili keinginan para korban bom atom, dan menandatangani perjanjian pelarangan senjata nuklir PBB.

Dalam sejarahnya, serangan Amerika Serikat (AS) ke Hiroshima pada 6 Agustus 1945 menewaskan 140.000 orang. Bom yang sama jatuh tiga hari kemudian di Nagasaki yang menewaskan 70.000 orang lainnya, sebelum akhirnya Jepang menyerang untuk mengakhiri Perang Dunia II.

Perayaan ulang tahun Hiroshima datang beberapa jam setelah Korea Utara meluncurkan proyektil ke laut. Tes senjata terbaru itu mengikuti kebuntuan dalam negosiasi atas senjata nuklirnya.

TAGS : Hiroshima Bom Atom Jepang




TERPOPULER :