Jum'at, 26/04/2024 07:34 WIB

Pekan ASI 2019, Ibu Jangan Sampai Stres Saat Menyusui

Jangan sampai ibu menjadi stres saat memilih makanan dan minuman selama menyusui.

Ilustrasi ibu menyusui (foto:google)

Jurnas.com - Seorang ibu akan mendukung penuh untuk memenuhi kebutuhan anak-anak mulai dari lahir hingga enam bulan. Berbagai cara dilakukan oleh ibu agar mendapatkan asi yang diperoleh.

Bagi para ibu yang baru mulai menyusui, tidak perlu khawatir jika masih sulit untuk menyusui secara langsung. Karena baru lahir, lambung anak masih sangat kecil dan hanya bisa disimpan sedikit sekali susu.

Saat bayi sudah mulai dibutuhkan untuk menyusui, kapasitas lambungnya akan semakin meningkat setiap saat. Pengetahuan ibu tentang menghemat juga harus ditambah agar tidak rumit dan menganggu kualitas produksi untuk bayi.

Sebaiknya ibu mulai belajar tentang asi dan menyusui sejak dini, jangan sampai terlambat untuk membicarakan hal-hal penting seperti cara merawat yang benar-benar sehat. Tidak disarankan untuk memberikan susu bayi, karena botol susu bayi akan malas untuk menyusui .

Berikut manfaat manfaat dan keunggulan asi bagi ibu dan bayi:

1. Bagi ibu, ASI akan mendukung kesehatan, mempererat ikatan keluarga perencanaan, dan mendukung aspek psikologis ibu agar lebih siap dalam konsultasi bayi.

2. Bayi yang mendapatkan asi eksklusif akan mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kategori usianya, mengandung zar protektif, efek psikologis yang baik dan menguntungkan, pertumbuhan mental dan fisik yang baik, mengurangi karies dokter gigi, dan mengurangi risiko maloklusi.

Beberapa fakta tentang makan:

1. Komposisi ASI berubah sesuai dengan kebutuhan bayi.

2. Komposisi ASI ditingkatkan oleh makanan serta status gizi ibu.

3. Meningkatnya nutrisi ibu selama menyusui (Resiko Defisiensi).

4. Makanan yang dikonsumsi ibu berpengaruh terhadap kandungan asam lemak dan mikronutrien dalam ASI.

Jangan sampai ibu menjadi stres saat memilih makanan dan minuman selama menyusui. Sesekali ibu bisa mengonsumsi makanan dan minuman nikmat dengan jumlah porsi yang wajar.

KEYWORD :

Pekan ASI 2019 Ibu Menyusui Manfaat ASI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :