Jum'at, 19/04/2024 09:27 WIB

Menlu Iran Disanksi, Rouhani: AS Kekanak-kanakan

Presiden Iran, Hasan Rouhani (Foto: Abedin Taherkenareh/EP)

Teheran, Jurnas.com - Presiden Iran, Hassan Rouhani, menyebut sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif sebagai sikap kekanak-kanakan.

"(Amerika Serikat) besikap kekanak-kanakan. Mereka di satu sisi mengatakan ingin bernegosiasi dengan Iran, di sisi lain mereka juga menjatuhkan sanksi kepada Menteri Luar Negeri (Iran)," kata Rouhani dalam pidatonya pada sebuah upacara di kota Tabriz.

Rouhani mengingatkan bahwa rute negosiasi kedua negara melalui Kementerian Luar Negeri. "Tidak ada cara lain untuk bernegosiasi. Kementerian diplomatik adalah Kementerian Luar Negeri," tegas Rouhani.

Pada Rabu (31/7), Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengumumkan telah memasukkan Menlu Iran Zarif ke daftar sanksi. Sanksi tersebut melarang Zarif mengakses asetnya di AS dan membatasi warga Amerika membangun hubungan perdagangan dengan Menlu Iran itu.

Dalam pernyataannya di akun media sosial, Zarif mengatakan sanksi pemerintah Washington tidak akan berpengaruh bagi dirinya karena dirinya tak memiliki harta apa pun di luar Iran.

KEYWORD :

Hassan Rouhani Iran Amerika Serikat Mohammad Javad Zarif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :