Sabtu, 20/04/2024 02:07 WIB

Hubungan Memanas, China Larang Warganya Kunjungan Pribadi ke Taiwan

Beijing mulai mengizinkan perjalanan sejenis itu pada Juni 2011 dan untuk pertama kalinya dalam 8 tahun terakhir larangan berkunjung kembali diberlakukan.

Pelajar China (Foto: BBC)

Beijing, Jurnas.com - Pemerintah China kini melarang warganya di 47 kota utama melakukan kunjungan pribadi ke Taiwan di tegah memanasnya hubungan kedua negara tersebut.

"Mulai 1 Agustus 2019, warga dari 47 kota di daratan China tidak akan diizinkan untuk bepergian ke Taiwan dengan visa perjalanan wisata individu," kata Kementerian Pariwisata China dalam sebuah pernyataan.

Beijing mulai mengizinkan perjalanan sejenis itu pada Juni 2011 dan untuk pertama kalinya dalam 8 tahun terakhir larangan berkunjung kembali diberlakukan.

"Keputusan itu dibuat atas dasar hubungan lintas-Selat saat ini," kata Kementerian tersebut.

Langkah itu diambil di tengah memanasnya hubungan antara China dan Taiwan, yang disebut Beijing sebagai provinsi yang memisahkan diri.

Awal bulan ini Amerika Serikat (AS) menyetujui kesepakatan untuk menjual senjata senilai USD2,22 miliar ke Taiwan. Sementara itu, China menggelar latihan militer di Laut Cina Selatan yang disengketakan dekat Selat Taiwan awal pekan ini.

Dua latihan berat itu dimulai pada Minggu malam dan Senin pagi dan akan berlangsung hingga Jumat.

Menurut Biro Pariwisata Taiwan, sebanyak 1,67 juta warga negara China mengunjungi negara itu pada semester pertama 2019, naik 30 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

KEYWORD :

China Amerika Serikat Taiwan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :