Sabtu, 24/08/2019 11:32 WIB

13 Industri Jadi Nominator Anugerah Abyudaya Kemenristekdikti

Penyerahan Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional kategori Abyudaya kepada para pemenang akan diserahkan pada Malam Apresiasi Anugerah Iptek dan Inovasi

Direktur Sistem Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Ophirtus Sumule

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemerinstekdikti) menggelar seleksi Anugerah Iptek dan Inovasi 2019 Kategori Abyudaya, Rabu (31/07) di Jakarta.

Dalam seleksi tersebut, ada 13 industri yang jadi nominator peraih kategori Abyudaya dalam rangka menyambut Hari Teknologi Nasional (Harteknas).

"Anugerah tersebut diberikan kepada badan usaha/industri atas prestasi pelaksanaan inovasi yang berhasil, hingga dapat menghasilkan nilai tambah, baik dalam bentuk komersil, ekonomi maupun sosial budaya," ujar Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti, Ophirtus Sumule dalam kegiatan Seleksi Anugerah Iptek dan Inovasi 2019 Kategori Abyudaya di Jakarta pada Rabu (31/7).

Ophirtus mengatakan, peserta proses seleksi anugerah Abyudaya merupakan industri atau badan usaha yang telah bekerja sama dengan lembaga penelitian dan pengembangan atau perguruan tinggi di Indonesia.

"Peserta industri ini bisa diusulkan oleh mitra kerja samanya yaitu lembaga penelitian dan pengembangan atau perguruan tinggi," katanya.

Salah satu penilaian pemenang Anugerah Abyudaya, lanjut Ophirtus, adalah bagaimana industri dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga Litbang.

"Inovasi yang dinilai dalam proses seleksi Anugerah Abyudaya merupakan kerja sama antara industri dan lembaga penelitian dan pengembangan dan atau perguruan tinggi diutamakan dalam upaya kolaborasi perancangan dan atau pengembangan produk serta upaya meningkatkan efisiensi dan atau efektivitas produksi manufaktur," katanya.

Adapun industri yang menjadi nominator Anugerah Iptek dan Inovasi 2019 Kategori Abyudaya adalah PT Industri Telekomunikasi Indonesia, PT Pertamina, PT Pindad, PT Pupuk Kaltim, PT Kapsulindo Nusantara, PT Karya Daya Syafarmasi, PT Powertech Nano Industri, PT Rekaindo Global Jasa, PT Rekadaya Multi Adiprima, PT Samudera Luas Paramacitra, PT Tesena Inovindo, PT Xirea Silicon Technology, dan PT Zenith Allmart Precisindo.

Seleksi ini akan menghasilkan 3 pemenang yang akan disempaikan ke sidang pleno tingkat eselon I Kemenristekdikti untuk penerima anugerah.

Penyerahan Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional kategori Abyudaya kepada para pemenang akan diserahkan pada Malam Apresiasi Anugerah Iptek dan Inovasi bersama dengan para pemenang anugerah lainnya yakni: Prayoga Sala, Adibrata, Budhipuri, Budhipraja, Labdha Kretya dan Widya Kridha, pada 27 Agustus 2019 di Denpasar, Bali.

TAGS : Anugerah Abyudaya Kemenristekdikti Ophirtus Sumule




TERPOPULER :