Kamis, 19/09/2019 09:04 WIB

Lintasi Perbatasan, Kapal Korut Ditahan Korsel

Sebuah kapal Korea Utara dengan tiga awaknya tertangkap tangan melintasi perbatasan laut Korea Selatan

Bendera kebangsaan Korea Selatan (Foto: Anadolu)

Seoul, Jurnas.com - Sebuah kapal Korea Utara dengan tiga awaknya tertangkap tangan melintasi perbatasan laut Korea Selatan. Kapal itu pun langsung ditarik menuju pelabuhan terdekat.

Sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, kapal kayu Korut dinilai melintasi Garis Batas Utara di Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang, sekitar pukul 11.20 malam pada Sabtu (27/7), menurut Kepala Staf Gabungan Seoul.

Kapal beserta para awaknya selanjutnya dibawa ke pelabuhan militer Korea Selatan untuk diselidiki lebih lanjut.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apakah para awak itu sekelompok pembelot, atau tidak sengaja melintasi perbatasan.

Pada Juni lalu, sebuah kapal nelayan dari Korea Utara yang membawa empat orang berhasil melintasi lautan yang diawasi secara intens antara negara-negara dan dermaga, tanpa terdeteksi.

Dua dari mereka dikirim kembali ke Utara, dan dua lainnya mengatakan mereka ingin melarikan diri dari Pyongyang.

Buntut dari peristiwa itu, seorang jenderal Korea Selatan dipecat karena pelanggaran keamanan perbatasan.

Diketahui, lebih dari 30.000 warga sipil Korea Utara meninggalkan tanah air mereka. Namun upaya membelot jarang dilakukan via perbatasan darat antar-Korea yang dijaga ketat, yang dibentengi dengan ladang ranjau dan kawat berduri. Sebagian besar melarikan diri melintasi perbatasan berpori dengan tetangga Cina.

TAGS : Korea Utara Korsel Kapal Kayu




TERPOPULER :