Sabtu, 20/04/2024 14:24 WIB

India Desak Iran Bebaskan Sisa ABK

India mendesak Iran agar segera membebaskan sisa anak buah kapal (ABK) tanker, pasca ditangkap di Selat Hormuz.

Ilustrasi bendera India

New Delhi, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri India mendesak Iran agar segera membebaskan sisa anak buah kapal (ABK) tanker, pasca ditangkap di Selat Hormuz.

Pada Jumat (26/7) kemarin, Teheran sudah membebaskan sembilan ABK, termasuk tiga ABK dari tanker MT Riah yang ditahan 13 Juli lalu.

"Sembilan anggota awak telah dibebaskan dan mereka akan segera menuju India," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Raveesh Kumar, pada Sabtu (27/7).

"Misi kami di Iran telah meminta pihak berwenang yang peduli untuk membebaskan anggota awak yang tersisa," lanjut dia.

Dikutip dari Reuters, belum jelas alasan Iran menahan ketiga ABK yang berada di MT Riah tersebut. Namun menurut televisi setempat, Teheran menangkap kapal itu karena menyelundupkan bahan bakar.

Seperti diketahui, panahanan tanker Inggris di Selat Hormuz yang merupakan jalur air paling penting di dunia untuk perdagangan minyak, makin memperdalam krisis antara Iran dan Barat.

Ketegangan ini dipicu oleh Amerika Serikat karena keluar dari Pakta Nuklir 2019, hingga penetapan kembali sanksi, yang secara efektif melarang semua negara membeli minyak Iran.

KEYWORD :

Iran India Tanker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :