Jum'at, 26/02/2021 16:30 WIB

Soal Kesepakatan Nuklir, Rouhani Diwakili Sampaikan Pesan kepada Macron

Mousavi mengatakan bahwa juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi, mengatakan, Araqchi ke ibukota Prancis sebagai perwakilan khusus Rouhani.

Presiden Iran, Hasan Rouhani (Foto: Abedin Taherkenareh/EPA)

Teheran, Jurnas.com - Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Politik, Abbas Araqchi bertandang ke Paris untuk menyampaikan pesan Presiden Hassan Rouhani kepada mitranya dari Prancis, Emmanuel Macron.

Lewat akun Twitternya pada Senin (22/7), Mousavi mengatakan bahwa juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi, mengatakan, Araqchi ke ibukota Prancis sebagai perwakilan khusus Rouhani.

Araqchi, tambahnya, akan menyampaikan pesan tertulis presiden Iran kepada Macron, yang negaranya - bersama dengan Inggris, Jerman, Rusia dan China - adalah anggota pakta nuklir tahun 2015 dengan Iran.

Amerika Serikat (AS) juga awalnya anggota pakta nuklir, tetapi kemudian meninggalkan kesepakatan dan memberlakukan sanksi ekonomi guna menghambat pelaksanaan perjanjian, baik Iran maupun anggota lainnya.

Pihak-pihak Eropa dalam perjanjian sejak itu berusaha meyakinkan Iran untuk tetap berada dalam pakta itu dengan imbalan melindungi kepentingan ekonominya dari sanksi AS.

Perjalanan Araqchi datang sebagai nasib perjanjian 2015 - secara resmi dinamai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) - masih diragukan di tengah kegagalan Eropa untuk memenuhi kewajiban hukum mereka untuk menghadapi sanksi AS.

Pada Mei, setahun setelah AS keluar, Teheran mulai mengurangi komitmennya di bawah JCPOA pada tahap demi tahap sebagai tanggapan atas penarikan Washington dan kegagalan Eropa memenuhi janjinya.

Teheran telah menetapkan batas waktu bagi para penandatangan-Eropa untuk memenuhi kesepakatan mereka untuk mencegah pengurangan komitmen, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penarikan Iran jika ketiganya masih gagal.

Dua minggu lalu, Emmanuel Bonne, penasihat diplomatik Macron, mengunjungi Teheran, sebagai bagian dari upaya untuk menyelamatkan JCPOA.

Pekan lalu, presiden Iran dan Prancis mengadakan pembicaraan lewat telepon tentang masa depan JCPOA, di mana Rouhani mengatakan Teheran bertekad untuk menjaga semua pintu terbuka agar perjanjian tetap hidup.

TAGS : Kesepakatan Nuklir Eropa Amerika Serikat Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :