Jum'at, 26/04/2024 16:50 WIB

Hasil Drawing GSI 2019, Tuan Rumah Huni Grup A

Jawa Timur yang menyandang predikat juara GSI tahun lalu usai menundukkan Banten, akan ditantang oleh Bali, Sulawesi Utara, dan Kepulauan Riau.

Hasil drawing GSI 2019

Jakarta, Jurnas.com – Hasil undian (drawing) Gala Siswa Indonesia (GSI) 2019 untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP), menempatkan tuan rumah Provinsi Jawa Timur di Grup A.

Jawa Timur yang menyandang predikat juara GSI tahun lalu usai menundukkan Banten, akan ditantang oleh Bali, Sulawesi Utara, dan Kepulauan Riau. Sementara runner-up tahun lalu, Banten, berada di Grup F, bersama Papua Barat, Lampung, dan Sulawesi Tengah.

Pelopor GSI sekaligus Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Supriano mengatakan, GSI merupakan realisasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019.

Tidak hanya dimaksudkan untuk menjaring bibit muda berbakat di bidang sepak bola, GSI ini juga bertujuan untuk menghasilkan pelatih dari guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK), yang minimal berlisensi D.

“Sampai sekarang ada 234 guru PJOK yang kita latih untuk mendapatkan lisensi D. Ini kan juga mengangkat derajat guru PJOK. Lisensi D ini sangat ketat sekali karena standarnya PSSI,” terang Supriano kepada awak media, usai drawing GSI 2019 di Jakarta, pada Selasa (23/7).

Seperti sebelumnya, provinsi pemenang tahun ini akan dibawa ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berlatih di klub Eropa. Tahun lalu, Jatim yang keluar sebagai juara, mendapatkan kesempatan berlatih di raksasa Italia, Juventus.

“Dan untuk tahun ini kita mash registrasi dari jauh-jauh hari. Apakah kita kirim lagi ke Juventus, atau yang lain, sedang didiskusikan bersama,” ujar dia.

Sementara pelatih tim nasional Indra Sjafri menggambarkan GSI sebagai miniatur kompetisi internasional. Karena itu dia berharap jumlah pertandingan tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Antar kecamatan itu kita bikin kompetisi yang benar-benar kompetisi. Banyak jam bertandingnya. Kabupaten kita bikin seperti AFF atau AFC-nya. Kalau tingkat nasional Piala Dunia-nya,” kata duta pelatih GSI tersebut.

Berikut ini hasil drawing GSI 2019:

Grup A:

Jawa Timur

Bali

Sulawesi Utara

Kepulauan Riau

 

Grup B:

Sumatera Utara

Riau

Sulawesi Barat

Kalimantan Utara

Sulawesi Tenggara

 

Grup C:

Yogyakarta

Aceh

Maluku

NTT

 

Grup D:

Jambi

Sulawesi Selatan

NTB

Kalimantan Selatan

 

Grup E:

Jawa Barat

Bangka Belitung

Kalimantan Barat

Maluku

 

Grup F:

Banten

Papua Barat

Lampung

Sulawesi Tengah

 

Grup G:

DKI Jakarta

Bengkulu

Papua

Sumatera Selatan

 

Grup H:

Jawa Tengah

Sumatera Barat

Kalimantan Tengah

Kalimantan Timur

Gorontalo

KEYWORD :

GSI 2019 Kemdikbud Jawa Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :