Senin, 19/08/2019 22:21 WIB

Pompeo Nyatakan Kekecewaan kepada Turki atas Pengadaan S-400 Rusia

Kewajiban Washington  memastikan perlindungan terhadap mitra yang bekerja dengan Washington di Suriah.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, menyatakan, ketidaksenangannya atas keputusan Turki mendatangkan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

Keberatan itu disampaikan lewat sambungan telepon dengan rekannya, Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu pada Sabtu (20/7).

Selain itu, Pompeo juga meyinggung masalah keamanan Ankara di sepanjang perbatasan Turki-Suriah sembari menegaskan kembali kewajiban Washington  memastikan perlindungan terhadap mitra yang bekerja dengan Washington di Suriah.

Menurut Reuters, dua diplomat itu juga membahas program jet tempur F-35 AS, dua hari setelah Washington mengkonfirmasi telah mengeluarkan Turki dari program pembuatan pesawat dan pelatihan pilot Turki untuk menerbangkan pesawat tersebut.

"AS dan mitra F-35 lainnya sepakat dalam keputusan ini untuk menangguhkan Turki dari program dan memulai proses untuk secara resmi mengeluarkan Turki dari program tersebut," kata Wakil Menteri Pertahanan AS untuk Akuisisi dan Keberlanjutan Ellen Lord pekan lalu.

Digunakan NATO dan sekutu AS lainnya, jet tempur siluman F-35 dijuluki jet tempur paling canggih di dunia. Washington menyatakan keprihatinannya atas penyebaran S-400. Menurutnya, jika Turki juga mendapatkan F-35 tentu akan memungkinkan Rusia mendapatkan informasi terkait sistem tersebut.

"F-35 tidak dapat hidup berdampingan dengan platform pengumpulan intelijen Rusia yang akan digunakan untuk mempelajari kemampuan canggihnya, F-35 tersebut," tulis Gedung Putih  beberapa hari yang lalu.

Keputusan AS tersebut membuat Ankara geram. Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan, "Langkah sepihak ini tidak sesuai dengan semangat aliansi juga tidak didasarkan pada alasan yang sah."

"Tidak adil menghapus Turki, salah satu mitra dalam program F-35. Penyataan AS bahwa sistem pertahanan udara Rusia S-400 yang maju akan membahayakan F-35," sambungnya.

"Kami mengundang AS untuk mengambil kembali kesalahan ini, yang akan membuka jalan bagi kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada hubungan strategis kami," tegasnya.

Sementara itu, beberapa anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat mendesak pemerintah Trump ntuk menjatuhkan sanksi kepada Ankara atas pembelian sistem S-400 Rusia.

TAGS : Turki S-400 Rusia Amerika Serikat F-35




TERPOPULER :