Senin, 26/08/2019 05:27 WIB

UEA Minta Qatar Tak Mempolitisasi Haji

Kementerian menolak klaim yang dibuat oleh Kementerian Wakaf Qatar dan Urusan Islam bahwa Kerajaan menghalangi upaya yang dilakukan oleh Qatar untuk mengunjungi Mekah.

Anwar Gargash, Menteri Negara Urusan Luar Negeri UEA. Ruel Pableo / Nasional

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Anwar Gargash, mengatakan, Qatar tidak boleh mempolitisasi haji dan harus mengizinkan warganya untuk melakukan tugas keagamaan mereka, Minggu (14/07) waktu setempat.

Dalam pernyataan tegas di Twitter, Gargash membela tindakan yang diambil Arab Saudi pada hari Sabtu untuk memastikan bahwa peziarah Qatar akan dapat memasuki kerajaan untuk musim haji mendatang. Laporan menunjukkan bahwa Doha berusaha mencegah warganya melakukan ziarah.

“Rintangan yang diberlakukan Qatar pada jemaah haji mencerminkan kegagalannya dalam mengelola krisis,” kata Gargash dilansir The National.

Perjalanan bagi jamaah Qatar dipersulit oleh putusnya hubungan antara Riyadh dan Doha. Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir memutus hubungan diplomatik dan perjalanan dengan Qatar pada Juni 2017, menuduh Doha mempromosikan kelompok-kelompok ekstremis, mendukung terorisme, dan merusak keamanan regional.

"Sebagai prioritas, Qatar tidak boleh mempolitisasi haji karena logika dan alasan di balik tindakannya lemah," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan, mereka telah mengambil beberapa langkah untuk memastikan bahwa peziarah Qatar dapat memasuki negara itu setelah pertemuan menteri dengan para pejabat dari Doha.

"Kementerian Haji dan Umrah telah meluncurkan beberapa tautan online untuk memungkinkan Qatar dan penduduk Qatar memesan masa tinggal mereka di Kerajaan dan perjalanan mereka melalui maskapai non-Qatar untuk melakukan tugas keagamaan mereka," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kementerian menolak klaim yang dibuat oleh Kementerian Wakaf Qatar dan Urusan Islam bahwa Kerajaan menghalangi upaya yang dilakukan oleh Qatar untuk mengunjungi Mekah.

Sebagai gantinya, kementerian meminta Doha untuk mengizinkan jemaah haji untuk “bepergian dan melakukan haji melalui maskapai internasional kecuali Qatar Airways”.

“Mereka seharusnya tidak mencegah mereka. Mereka harus membantu mereka melaksanakan ibadah haji dan umrah tanpa membawa masalah politik, ”bunyi pernyataan itu.

Kerajaan itu mengumumkan pekan lalu bahwa akan ada "gerbang elektronik" bagi peziarah Qatar untuk mendaftar haji.

Arab Saudi tahun lalu menawarkan visa haji warga negara Qatar pada saat kedatangan setelah pihak berwenang di Doha menuduh kerajaan berusaha mencegah warganya melakukan ziarah.

TAGS : Uni Emirat Arab Ibadah Haji Qatar




TERPOPULER :