Minggu, 20/10/2019 18:35 WIB

Angkatan Udara AS Luncurkan Kacamata Canggih

Peralatan baru, mirip dengan kacamata yang dipakai oleh petugas pemadam kebakaran, saat ini sedang diuji di Keesler AFB, Miss.

Kacamata anti asap sederhana, terlihat di sebelah kiri, akan menggantikan sistem empat bagian pada pesawat taktis C-130J, Angkatan Udara AS mengumumkan pekan lalu. Foto oleh Jessica L. Kendziorek / Angkatan Udara AS

Jakarta, Jurnas.com - Angkatan Udara Amerika Serikat mengumumkan, awak pesawat C-130J Super Hercules akan mulai menggunakan kacamata anti-asap yang disederhanakan dan inovatif.

ASGs telah menjadi bagian dari peralatan standar di atas kargo taktis dan pesawat angkut pasukan selama lebih dari 20 tahun, digunakan pada saat-saat ketika pesawat dipenuhi dengan asap. Sistem tiga bagian yang baru mencakup kacamata yang ditingkatkan dan masker oksigen, serta menggantikan unit empat bagian.

Peralatan baru, mirip dengan kacamata yang dipakai oleh petugas pemadam kebakaran, saat ini sedang diuji di Keesler AFB, Miss.

"Yang kami ganti memiliki kerangka dasar yang sama, tetapi kacamata dan masker oksigen adalah dua bagian yang terpisah," kata Tech. Sersan Ronald Patton, Operasi ke-403 Dukungan Skuadron pengrajin peralatan penerbangan aircrew di Keesler AFB dikutip UPI.

"Sebelumnya, kamu harus meletakkan masker oksigen di mulut dan hidungmu, lalu tarik bingkai ke atas dan letakkan bantalan tengkuk di belakang kepala kamu. Setelah itu di tempat kamu akan meletakkan kacamata di dan menarik tali pada kedua belah pihak untuk mengencangkan mereka," tambahnya.

Kacamata baru menggantikan peralatan tanpa masalah yang dilaporkan, tetapi akan meningkatkan kinerja aircrew. "Bukannya ASG lama diganti karena mereka salah, mereka bekerja persis seperti yang dirancang untuk mereka. Sepertinya mereka hanya perlu meningkatkan integritas sistem itu sendiri,"kata Patton.

"Apakah ini akan beroperasi lebih baik di bawah situasi yang penuh tekanan, apakah akan lebih mudah untuk memperbaiki jika itu pecah, apakah ia memiliki banyak subkomponen yang dapat pecah, apakah anggota awak pesawat merasa lebih mudah untuk melakukan donasi, dan dapatkah awak pesawat beroperasi lebih baik di lingkungan, adalah pertanyaan yang mereka ajukan ketika merancang sistem baru," tambahnya.

Semua bagian kacamata baru bisa diganti, dan ASG baru akan lebih mudah dipasang dan dilepas dalam situasi darurat.

Sistem baru akan muncul di semua pesawat C-130J Angkatan Udara AS, Penjaga Pantai dan Penjaga Nasional Udara pada bulan Agustus, Angkatan Udara mengatakan minggu lalu.

TAGS : Angkatan Udara AS Kacamata Canggih




TERPOPULER :