Rabu, 16/10/2019 04:48 WIB

Ketika Sanksi AS Jadi Berkah Bagi Eksportir Iran

Teheran menggenjot ekspor barang dan jasa senilai USD32 miliar ke negara-negara terdekat.

Ilustrasi ekspor dan impor. (Foto: PressTV)

Teheran, Jurnas.com - Kementerian Perindustrian, Tambang dan Perdagangan Iran mengatakan, Teheran menggenjot ekspor barang dan jasa senilai USD32 miliar ke negara-negara terdekat dalam tahun kalender Iran saat ini.

"Kami telah memproyeksikan target ekspor USD32 miliar untuk barang dan jasa ke 15 negara tetangga dan terdekat dalam rencana kami tahun ini," kata penasihat senior di Kementerian Perindustrian, Tambang dan Perdagangan, Sadeq Najafi, Minggu (23/6).

Najafi, yang bertemu anggota parlemen Iran yang bertanggung jawab atas zona ekonomi khusus (KEK), mengatakan, Kementerian Perindustrian, Tambang dan Perdagangan memiliki rencana khusus untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah-daerah tersebut.

Ia mengatakan kementerian akan memberikan UKM akses program konsorsium ekspor, sementara produsen tidak lagi diharuskan memesan khusus untuk mengimpor bahan baku mereka.

Iran mengekspor sejumlah komoditas nonmigas senilai USD24,06 miliar ke 15 negara tetangga dan sekitarnya tahun lalu yang berakhir pada 20 Maret 2019.

Surplus perdagangan non-minyak negara itu dengan negara-negara tersebut, yaitu Uni Emirat Arab, Irak, Turki, Afghanistan, Pakistan, Rusia, Oman, Azerbaijan, Turkmenistan, Kuwait, Qatar, Kazakhstan, Armenia, Bahrain, dan Arab Saudi, mencapai USD12,54 miliar dalam periode itu.

Kenaikan yang direncanakan dalam ekspor non-minyak Iran datang di tengah negara itu berusaha untuk mengimbangi dampak dari serangkaian sanksi yang dikenakan Amerika Serikat (AS) pada industri minyaknya.

Devaluasi rial Iran selama setahun terakhir, akibat dari sanksi AS, juga telah membantu eksportir menemukan lebih banyak pasar di luar negeri.

Irak saat ini adalah tujuan terdekat dari ekspor non-minyak Iran. Angka resmi tahun lalu menunjukkan, negara Arab itu mengimpor barang-barang senilai USD8,961 miliar dari Iran, meningkat 37 persen dibandingkan dengan periode tahunan yang berakhir pada Maret 2018.

TAGS : Amerika Serikat Ekspor Iran Irak Timur Tengah




TERPOPULER :