Minggu, 21/07/2019 09:08 WIB

Sutradara Fenomenal "Romeo and Juliet" Tutup Usia

Sang putra, Zeffirelli Luciano mengatakan bahwa ayahnya meninggal di kediaman, Roma, Italia karena sakit.

Franco Zeffirelli (Foto: Associated Press)

Roma, Jurnas.com - Sutradara ternama asal Italia, yang dikenal dari karya fenomenalnya `Romeo and Juliet`, Franco Zeffirelli, meninggal dunia pada Sabtu (15/6) di usia 96 tahun.

Sang putra, Zeffirelli Luciano mengatakan bahwa ayahnya meninggal di kediaman, Roma, Italia karena sakit.

"Dia menderita untuk sementara waktu, namun akhirnya pergi dengan cara yang damai," kata Lucianno dilansir dari Associated Press.

Lahir di pinggiran kota Florence pada 12 Februari 1923, Zeffirelli naik daun sebagai salah satu sutradara paling produktif di Italia. Dia bekerja dengan opera hebat, seperti Luciano Pavarotti, Placido Domingo, dan bintang Hollywood termasuk Elizabeth Taylor, Richard Burton, dan Mel Gibson.

Sepanjang karir, Zeffirelli merupakan sosok yang berani mengambil risiko tinggi, yang membuat filmnya laku keras di box office. Keberhasilan dia di layar Amerika, jarang diraih oleh sutradara asal Italia lainnya.

Pada 1968, Zeffirelli membawa kisah terkenal `Romeo and Juliet` karya Shakespeare ke layar lebar. Film itu mencetak rekor box office Amerika, dengan meraup keuntungan US$52 juta saat itu.

Selanjutnya di era 1970-an, fokus Zeffirelli bergeser dari romantis ke spiritual. Pada 1977, dia membuat film "Life of Jesus" dengan penggambarannya tentang seorang Kristus yang tampak otentik dan relevan. Tampil di seluruh dunia, film ini menghasilkan lebih dari US$300 juta.

Zeffirelli tidak pernah jauh dari kontroversi. Pada 1978, ia mengancam akan meninggalkan Italia untuk selamanya karena serangan keras terhadapnya dan karya seninya oleh kaum kiri Italia, yang melihat Zeffirelli sebagai eksponen Hollywood.

Sementara pada 1981 dia mengatakan tidak akan pernah membuat film di AS, setelah karyanya `Endless Love` yang dibintangi Brooke Shields menuai kritik. Namun di tengah kritik, film tersebut tetap sukses di box office.

TAGS : Kabar Duka Franco Zeffirelli Romeo dan Juliet




TERPOPULER :