Kamis, 19/09/2019 17:21 WIB

Hore, Besok Umat Islam Masih Tetap Berpuasa

Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, akan jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019 lusa.

Gedung kantor Kementerian Agama RI

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, akan jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019 lusa. Artinya, Selasa (4/6) besok umat Islam masih tetap berpuasa.

Pengumuman hasil sidang isbat disampaikan Menag Lukman pada Senin (3/6) petang, usai menggelar sidang Isbat pada sore harinya di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Jatuhnya 1 Syawal 1440 H pada besok lusa tak lepas dari kesimpulan, di mana tidak satupun para petugas melihat hilal, sebab posisi hilal masih berada di bawah ufuk.

“Maka sebagaimana kaidah yang  berlaku selama ini, bahwa ketika hal itu terjadi, maka bulan Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari,” kata Lukman kepada awak media dalam sesi konferensi pers.

“Artinya besok kita masih berpuasa, karena besok masih Ramadan,” tambah dia.

Seperti diketahui, sidang isbat dihadiri para duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

TAGS : Hari Raya Idul Fitri Menteri Agama Puasa Ramadan




TERPOPULER :