Kamis, 22/04/2021 10:02 WIB

Ketika Mudik Makin Asyik dengan Membaca Buku

Kemdikbud membagikan buku bacaan gratis kepada para pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta, pada Senin (27/5) kemarin.

Buku gratis (Foto: Kemdikbud)

Jakarta, Jurnas.com – Perjalanan berpuluh-puluh jam akan menjadi teman bagi para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman tahun ini, baik dengan menggunakan moda kereta api, bus, mobil, maupun motor.

Untuk mengusir kebosanan, biasanya para pemudik sudah menyiapkan segala hal, mulai dari mengunduh daftar lagu dan film di gadget, atau malah membawa bekal cemilan, agar sepanjang perjalanan tidak cuma dijejali oleh pemandangan dan huru-hara lalu lintas jalanan.

Namun sajian berbeda ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Dengan menggandeng Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), Kemdikbud membagikan buku bacaan gratis kepada para pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta, pada Senin (27/5) kemarin.

“Harapannya para pemudik mendapatkan hiburan dengan mmbaca buku selama perjalanan ke kampung halaman,” kata Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemdikbud, Dadang Sunendar dalam keterangannya pada Selasa (28/5).

Pembagian buku bacaan gratis, kata Dadang, dilaksanakan selama tiga hari mulai 27-29 Mei 2019 di lima lokasi berbeda di Jakarta, yakni Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Bus Kampung Rambutan, Terminal Bud Kalideres, dan Terminal Bus Pulo Gebang.

Pada masing-masing lokasi tersebut dialokasikan sekitar 1.000 buku untuk dibagikan kepada para pemudik, yang antara lain berasal dari Kemdikbud sebanyak 500 buku, Perpustakaan Nasional sekitar 1.500 buku, dan penerbit yang tergabung dalam IKAPI seperti Gramedia, Intan Pariwara, Mizan, Erlangga, dan Amalia.

“Dengan buku bacaan gratis yang dibagikan tersebut, kami juga berharap dapat bermanfaat bagi keluarga di kampung halaman, mereka juga dapat membaca buku bacaan itu,” ucap Dadang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IKAPI, Rosidayati Rozalina, mengatakan program bagi-bagi buku bacaan gratis, yang baru pertama kali dilakukan ini, merupakan kegiatan yang sangat positif dalam mendukung Gerakan Literasi Nasional.

“Kegiatan ini sangat mendukung gerakan literasi. Dengan kegiatan bagi-bagi buku bacaan gratis ini dapat mendorong buku tersebar hingga ke pelosok,” tutur Rosidayati.

TAGS : Buku Gratis Info Mudik Kemdikbud




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :