Minggu, 20/10/2019 18:37 WIB

Cara Iblis Jerumuskan Umat Muhammad Saat Salat

Shalat Idul Adha tarekat Naqsabandiyah/Ant

Jakarta, Jurnas.com - Iblis selalu menghantui setiap perbuatan baik manusia. Iblis akan berusaha menjerumuskan manusia agar menjadi sahabatnya di dalam api neraka. Beberapa hal perbuatan yang membuat iblis bergembira apabila manusia terkena hasutannya. Apalagi saat umat manusia menjalankan kewajiban salat

Dikisahkan, saat iblis bertemu dengan Nabi Muhammad SAW, mengatakan, wahai Muhammad, umatmu ada yang suka lalai semasa salat. Setiap ia hendak berdiri untuk salat, aku bisikan padanya "waktu masih lama, kamu masih sibuk". Kemudian, umat itu  manundanya hingga ia melaksanakan salat di luar waktu, maka salat itu dipukulkannya kemukanya.

Iblis mengatakan lagi, jika ia (umat) berhasil mengalahkanku, aku biarkan salat. Namun aku bisikkan ke telinganya `lihat kiri dan kananmu`, "Bukankah kamu tahu Muhammad, orang yang banyak menoleh dalam salatnya akan dipukul.

Jika ia (umat)  salat sendirian, aku suruh dia untuk bergegas. Dia pun sholat seperti ayam yang mematuk beras. Dan jika berhasil mengalahkanku,  dan dia salat berjamaah, aku ikat lehernya dengan tali, hingga dia mengangkat kepalanya sebelum imam, atau meletakkannya sebelum imam.

"Kamu tahu bahwa melakukan itu batal salatnya dan wajahnya akan dirubah menjadi wajah keledai," ujar Iblis kepada Muhammad.

Iblis tak pernah lekang mengusik manusia selain saat salat. Jika ada manusia yang mengalahkan iblis, maka dengan berbagai upaya iblis meniupkan angin hingga menguap. Saat itulah, setan akan masuk ke dalam dirinya, dan membuatnya menjadi bertambah serakah dan gila dunia.

Iblis juga menghasut orang miskin agar meninggalkan salat. Iblis membujuknya, "Aku katakan padanya, `kamu tidak wajib salat, solat hanya wajib untuk orang yang berkemampuan dan sehat. Orang sakit dan miskin tidak, jika kehidupanmu telah berubah baru kau salat.`

"Dia pun mati dalam kekafiran. Jika dia mati sambil meninggalkan salat maka Allah akan menemuinya dalam kemurkaan," ujar Iblis. Itulah kiat iblis menjerumuskan manusia menjadi pengikutnya.

TAGS : Hikmah Ramadan Nabi Muhammad Iblis Ibadah Salat




TERPOPULER :