Rabu, 21/08/2019 08:42 WIB

Perjuangan Warga Ratte Ditandu dan Bawa Bekal ke Puskesmas

Kondisi jalan yang tidak dapat dilalui kendaraan dan jauhnya jarak tempuh menuju Puskesmas membuat warga harus membawa bekal.

Seorang warga Ratte ditandu ke Puskesmas (Foto: Info Sulawesi Barat)

Jakarta, Jurnas.com - Sangat memprihatinkan melihat kondisi Desa Ratte, Kecamatan Tutar, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Warga yang sakit terpaksa harus ditandu menggunakan bambu dan sarung seadanya melewati hutan menuju ke Puskesmas terdekat.

Kondisi jalan yang tidak dapat dilalui kendaraan dan jauhnya jarak tempuh menuju Puskesmas membuat warga harus membawa bekal. Warga akan berhenti kapan saja di perjalan untuk makan, minum dan merokok jika sudah kelelahan menandu pasien.

"Entah sampai kapan kondisi ini akan terus terjadi di bumi malaqbiq, perlu perhatian serius Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi," bunyi tulisan yang dilihat redaksi di akun Info Sulawesi Barat, Minggu (26/5).

Hingga kini belum jelas nama perempuan yang ditandu itu. Tetapi kondisi jalan di Desa Ratte, seperti dikemukakan pengikutnya, memang sangat memprihatinkan dan kurang mendapat perhatian dari pemangku kepentingan.

"Desa Ratte ini kampung saya. Ratte sebenarnya sudah bisa dilalui mobil kanvas alias hatop, namun semakin lama jalannya semakin rusak disebabkan abrasi," tulis pemilik akun A*ri AS.

Menurutnya, pemerintah desa yang masa pemerintahannya sudah hampir selesai itu sama sekali tidak punya kepedulian dan keinginan untuk memperbaiki jalan tersebut selain menumpuk kekayaan sendiri.

"Dana Desa selama ini yang triliunan itu tidak ada penampakannya hingga sekarang, sedangkan kepala desanya sejak dilantik beberapa bulan sudah memiliki dua mobil," ungkapnya.

Warganet lainnya pun, seperti pemilik akun Facebook Y*li memberikan semangat kepada warga Ratte dan meminta mereka memberanikan diri untuk melaporkan jika terjadi penyelewengan dana desa.

"Kalo masih ada desa-desa yang tertinggal seperti ini laporkan. Presiden kita kan udah sering ngomong kalo setiap desa mendapatkan dana buat pembangunan desa diseluruh Indonesia," ujarnya.

"Jadi perlu dipertanyakan kemana dana desa yg seharusnya buat membangun desa. Ayo masyarakat ratte semangat mengawasi dana desa untuk kenyamanan dan kepentingan kalian," tegasnya.

TAGS : Sulawesi Barat Desa Ratte Warga Sakit




TERPOPULER :