Sabtu, 24/08/2019 04:52 WIB

Rusia Berencana Ambil Minyak Kotor dari Belarus

Rencana itu dibahas dalam pembicaraan di Warsawa pada Kamis (23/5) kemarin, antara perusahaan Rusia, Belarusia dan Eropa.

Drum minyak (Foto: Irna)

Moskow, Jurnas.com - Rusia berencana mengambil kembali sekitar 1 juta ton minyak yang terkontaminasi dari Belarus, membersihkan bagian jalur pipa ekspor Druzhba, yang mengarah ke Polandia dan Jerman.

Rencana itu dibahas dalam pembicaraan di Warsawa pada Kamis (23/5) kemarin, antara perusahaan Rusia, Belarusia dan Eropa.

Diketahui, sekitar 1 juta ton lainnya terjebak di Polandia dan Jerman akan dibiarkan di sana untuk ditangani oleh negara-negara ini, menurut keterangan sumber.

"Rusia terbuka untuk menyetujui untuk mengambil kembali minyak yang tercemar dari bagian Belarus yang belum datang ke Polandia, tetapi belum ada kesepakatan mengenai kompensasi," ungkap sumber kepada Reuters.

Tiga orang lainnya yang hadir dalam perundingan Warsawa atau memberi pengarahan tentang apa yang dibahas di sana, juga mengatakan rencana Rusia untuk mengambil kembali minyak dari bagian Belarus.

"Ini sedikit di bawah 1 juta ton. Mereka berencana untuk membawanya kembali ke Rusia," salah satu dari empat sumber yang akrab dengan rencana itu mengatakan.

Rencana untuk mengambil minyak mentah yang terkontaminasi di jalur pipa barat di Polandia dan Jerman, kabarnya akan diambil alih penyuling lokal.

TAGS : Rusia Minyak Kotor Belarus




TERPOPULER :