Rabu, 14/04/2021 20:52 WIB

Roket Katyusha Jatuh di Zona Hijau Baghdad

Semua pangkalan AS di Irak telah disiagakan di tengah laporan bahwa roket itu mengenai daerah yang dekat dengan kedutaan AS.

Para polisi disiapkan menjaga keamanan zona hijau Baghdad

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah roket Katyusha telah jatuh di dalam Zona Hijau Baghdad di mana banyak kedutaan asing berada, menyebabkan ledakan keras di pusat ibukota Irak, tetapi tidak ada korban.

Dilansir PressTV, sirene lansiran berbunyi sebentar di Baghdad setelah ledakan terdengar. Penyebab ledakan belum diketahui. Belum ada grup yang mengaku bertanggung jawab.

Pasukan keamanan Irak telah menutup lingkungan Zona Hijau untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan terjadi lagi.

Sebuah sumber kepolisian mengatakan, laporan awal menunjukkan bahwa roket itu ditembakkan dari lapangan terbuka di Baghdad selatan.

Semua pangkalan AS di Irak telah disiagakan di tengah laporan bahwa roket itu mengenai daerah yang dekat dengan kedutaan AS.

"Sebuah roket kelas rendah mendarat di Zona Internasional dekat Kedubes AS dan JOC (Joint Operation Center). Tidak ada korban atau kerusakan signifikan, tidak ada fasilitas yang dihuni AS yang terkena dampak," kata Departemen Luar Negeri AS sebagai reaksi terhadap kecelakaan.

"Kami dalam kontak dekat dan terus dengan pejabat senior Irak mengenai insiden ini dan menyelidiki keadaan. Saat ini tidak ada klaim tanggung jawab, "tambahnya.

"Seperti dicatat, tidak ada klaim tanggung jawab dan tidak ada fasilitas yang dihuni AS dilanda. Tapi, kami menangani insiden ini dengan sangat serius. Kami telah membuat jelas selama dua minggu terakhir dan sekali lagi menggarisbawahi bahwa serangan terhadap personel dan fasilitas AS tidak akan ditoleransi dan akan ditanggapi secara tegas," kata Departemen Luar Negeri.

Ia juga mengatakan AS meminta Iran bertanggung jawab jika serangan semacam itu dilakukan oleh pasukan sekutunya dan elemen-elemen mereka di Irak, dan akan menanggapi Iran sesuai dengan itu.

Tak lama setelah ledakan roket, Presiden AS Donald Trump memposting tweet anti-Iran lainnya, mengklaim bahwa jika Teheran menginginkan perang, "itu akan menjadi akhir resmi Iran."

TAGS : Zona Hijau Baghdad Serangan Roket




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :