Sabtu, 20/04/2024 13:02 WIB

Kenaikan Pajak Bikin Penjualan Minuman Bersoda Anjlok di Philadelphia

Philadelphia memperkenalkan pajak 1,5 sen per ons pada 1 Januari 2017, sebagai cara untuk mengurangi konsumsi gula. Dana yang dihasilkan oleh pajak tersebut diperuntukkan untuk memerangi kemiskinan melalui pendidikan

Ilustrasi minuman bersoda (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Pajak minuman manis yang diterapkan Philadelphia pada 2017 lalu menghasilkan penurunan penjualan sebesar 51 persen, meskipun angka itu sebagian diimbangi oleh kenaikan penjualan di kota-kota tetangga.

Philadelphia memperkenalkan pajak 1,5 sen per ons pada 1 Januari 2017, sebagai cara untuk mengurangi konsumsi gula. Dana yang dihasilkan oleh pajak tersebut diperuntukkan untuk memerangi kemiskinan melalui pendidikan, pelatihan kerja dan inisiatif program kaum muda.

Dilansir UPI, setahun setelah pajak dimulai, upaya itu tampaknya berhasil. Penjualan minuman manis pada 2017 adalah 51 persen lebih rendah dari pada 2016, penurunan 1,3 miliar ons.

Ini sebagian diimbangi oleh peningkatan penjualan minuman di kode pos yang berbatasan dengan Philadelphia, di mana penjualan naik 24,4 persen atau 308,2 juta ons. Efek bersihnya adalah penurunan 38 persen dalam penjualan.

Temuan serupa dalam studi April 2018 yang menemukan bahwa orang Philadelphia sekitar 40 persen lebih kecil kemungkinannya dari penduduk tiga kota terdekat untuk minum soda setiap hari setelah penerapan pajak.

Dalam studi itu, penduduk 58 persen lebih mungkin minum air setiap hari setelah pajak. "kabar baik bagi kesejahteraan masyarakat Philly," ujar  Christina Roberto, asisten profesor di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania.

"Memajaki minuman yang dimaniskan dengan gula adalah salah satu strategi kebijakan paling efektif untuk mengurangi pembelian minuman tidak sehat ini,"katanya . "Ini adalah masalah kesehatan masyarakat dan kebijakan win-win."

"Ini mungkin untuk meningkatkan kesehatan jangka panjang orang Filadelfia, sambil menghasilkan pendapatan untuk program pendidikan di kota Philadelphia."

Para pengkritik pajak menyebut hal itu pemerintah melakukan penjangkauan dan mengatakan mengurangi konsumsi gula lebih baik diserahkan kepada perusahaan minuman.

KEYWORD :

Minuman Bersoda Philadelphia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :