Kamis, 18/04/2024 14:48 WIB

Pompeo: Kami Tak Ingin Berperang dengan Iran

Washington telah berusaha mengurangi ekspor minyak Iran menjadi

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo (Foto: IRNA)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Michael Pompeo mengatakan, negaranya tak bermaksud menyulut peperangan dengan Iran meski AS telah melakukan konfrontasi militer dengan mengirim militer Washington ke Teluk Persia.

"Kami pada dasarnya tidak mencari perang dengan Iran," kata Pompeo di Sochi selama kunjungannya ke Rusia pada Selasa (14/05) dilansir PressTV.

"Kami juga telah menjelaskan kepada Iran bahwa jika kepentingan Amerika diserang, kami pasti akan merespon dengan cara yang sesuai. Kami mencari Iran untuk berperilaku seperti negara normal,` tambahnya.

Sementara itu, utusan Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Majid Takht-e Ravanchi menganggap penumpukan militer AS di dekat Iran hanya sebagai perang psikologis.

“Kami tidak dalam usaha untuk menciptakan konflik di lingkungan kami karena tidak ada yang akan mendapat manfaat dari konflik semacam itu di wilayah kami, kecuali beberapa, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, beberapa orang di Washington dan beberapa negara di negara kami," ujar Majid Takht-e Ravanchi.

 

Washington telah berusaha mengurangi ekspor minyak Iran menjadi "nol", dan mengirim sebuah kelompok serangan kapal induk, pasukan pembom, kapal serbu amfibi, dan baterai rudal Patriot ke Timur Tengah untuk mencoba menumpuk tekanan di Teheran.

Divisi kedirgantaraan Pengawal Revolusi Islam (IRGC), Jenderal Amir Ali Hajizadeh, Ahad, menyatakan pada hari Minggu bahwa pasukan AS yang ditempatkan di Teluk Persia akan diserang jika mereka melakukan kesalahan langkah.

KEYWORD :

Menlu AS Michael Pompeo Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :