Jum'at, 23/04/2021 10:13 WIB

Pemindahan Ibu Kota Akan Mempercantik Jakarta, Membuka Ruang Ekonomi Baru

Tsamara Amani dalam diskusi di TKN

Jakarta, Jurnas.com - Rencana Jokowi memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan menjadi isu hangat pasca-Pilpres 2019.

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany pun menjadi salah satu yang mendukung penuh rencana itu.

"Pemindahan ibu kota jelas akan mempercantik Jakarta. Tidak seperti sekarang yang kumuh," ujar Tsamara dalam diskusi Bertajuk: Pemindahan Ibukota Negara di Mata Milenial yang digelar oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Milenial di Rumah Cemara 19, Menteng, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Selain Tsamara, pembicara lainnya adalah Politikus NasDem Lathifa Al Anshori, Jubir Millenial TKN Ilham Akbar Mustafa, Yashinta Sekarwangi, dan Alan Ch. Singkali.

Bagi Tsamara, pemindahan ibu kota dari Jakarta akan membuka ruang terbuka hijau (RTH) yang lebih baik di Jakarta.

"Nantinya Jakarta jelas gak kayak sekarang. Jika pemerintahan pindah, gedungnya kan bisa diubah jadi ruang terbuka hijau," tegasnya.

Tsamara menilai jika Jakarta tetap seperti sekarang, dengan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat, maka lima sampai 10 tahun kedepan Jakarta akan semakin tidak nyaman.

"Masalah di Jakarta banyak. Mulai dari lalu lintas yang macet, banjir, perkampungan kumuh. Jadi sangat berat kalau kayak gini. Makanya harus pindah ibu kota," tegasnya.

Lebih jauh Tsamara menilai pemindahan ibu kota adalah terobosan berani yang dilakukan Presiden Jokowi. Apalagi rencana ini sudah ada sejak jaman Bung Karno, dan sudah sering menjadi bahan pembicaraan di mana-mana.

Lantas apa dampaknya bagi milenial? Politikus NasDem Lathifa Al Ansori mengatakan, pemindahan ibu kota jelas akan memacu produktivitas generasi milenial, dan membuka kesempatan luas bagi anak muda untuk membangun kreativitas.

"Kesempatan akan sangat terbuka lebar ya, milenial bisa masuk di situ. Peluang kerja sangat besar. Akan ada banyak peluang ketika ibu kota baru," tegasnya.

Bagi Latifa, pemindahan ibukota negara dapat menjadi solusi efektif dalam mengakomodir peran milenial dalam menyongsong puncak bonus demografi di tahun 2030 dan mewujudkan cita-cita Indonesia Maju di masa depan.

TAGS : Tsamara Milenial TKN Pemindahan Ibu Kota Jakarta




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :