Sabtu, 27/04/2024 07:31 WIB

AS Potong Dana Rudal Nuklir Demi Bangun Perbatasan

Secara keseluruhan, Pentagon diperkirakan akan menggeser sekitar $ 6 miliar untuk membantu membangun tembok perbatasan, termasuk sekitar $ 3,6 miliar dari proyek konstruksi militer, beberapa di antaranya akan ditunda.

Para Imigran memanjaki perbatasan AS (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Pentagon telah merelokasi dana dari proyek-proyek terkait rudal nuklir dan pesawat mata-mata, di antara pemotongan pertahanan lainnya, dalam upaya untuk mendanai dinding perbatasan yang dijanjikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di selatan negara tersebut.

Dilansir PressTV, sekitar $ 57 juta akan diambil dari peningkatan yang semula direncanakan untuk pesawat pengawasan Boeing E-3 Sentry, bersama dengan $ 24,3 juta dari peningkatan pada program sistem rudal balistik nuklir antarbenua (ICBM) Minuteman III Angkatan Udara.

Transfer anggaran Departemen Luar Negeri adalah bagian dari $ 1,5 miliar dana yang telah dipindahkan dari proyek-proyek lain untuk membantu membayar pembangunan hampir 80 mil (130 kilometer) tembok di perbatasan AS-Meksiko.

Pemindahan itu, yang disetujui oleh penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan, pada awalnya diumumkan oleh juru bicara Pentagon pada hari Jumat.

Awal pekan ini, muncul laporan yang menunjukkan bahwa segmen terbesar dari transfer anggaran, $ 604 juta, berasal dari Dana Pasukan Keamanan Afghanistan, yang mendanai pasukan Afghanistan dan pasukan keamanan lainnya di negara yang dilanda perang.

Menghapus $ 604 juta berarti Dana Pasukan Keamanan Afghanistan dalam anggaran Departemen Pertahanan saat ini dikurangi dari $ 4,9 miliar yang disetujui oleh Kongres menjadi sekitar $ 4,3 miliar.

Menurut dokumen Departemen Pertahanan , relokasi anggaran juga akan mengurangi $ 209,7 juta yang ditujukan untuk kendaraan peluncuran luar angkasa Angkatan Udara dan tambahan $ 52,6 juta dari rudal jelajah peluncuran udara dan program rudal Predator Hellfire.

$ 251 juta lainnya juga akan direlokasi berasal dari program Agen Kimia dan Penghancuran Mesiu.

Dokumen Pentagon berpendapat bahwa pengurangan anggaran tidak akan "menghambat kemampuan untuk mengejar upaya / teknologi untuk mempercepat penghancuran sisa persediaan senjata kimia AS."

Relokasi dana mengikuti keputusan Pentagon pada bulan Maret untuk mentransfer $ 1 miliar dari akun anggaran personil Angkatan Darat untuk mendukung pembangunan tembok perbatasan.

Total gabungan $ 2,5 miliar adalah sebagai tanggapan terhadap pernyataan Presiden Donald Trump tentang keadaan darurat nasional di perbatasan, mengaktifkan kekuatan eksekutif yang disediakan berdasarkan Undang-Undang Keadaan Darurat Nasional pada bulan Februari untuk memanfaatkan angkatan bersenjata dan kekuatan konstruksi untuk membangun penghalang perbatasan.

Secara keseluruhan, Pentagon diperkirakan akan menggeser sekitar $ 6 miliar untuk membantu membangun tembok perbatasan, termasuk sekitar $ 3,6 miliar dari proyek konstruksi militer, beberapa di antaranya akan ditunda.

Namun anggota parlemen yang demokratis menuduh Trump berkeliling otoritas kongres dengan mengalokasikan dana dengan mengumumkan darurat nasional, dengan beberapa mengancam Departemen Pertahanan merampas tubuh otoritas memprogram ulang di masa depan.

KEYWORD :

Rudal Nuklir Perbatasan AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :