Sabtu, 20/04/2024 00:52 WIB

UPP Kelas II Tual Dipastikan Siap Layani Angkutan Laut Lebaran 1440 H/2019

Uji Petik dilakukan terhadap 3 unit kapal penumpang, yakni KM Sabuk Nusantara 60, KM Tanjung Madlahar, serta Kapal Cepat Cantika Inova.

Tim uji petik Direkrorat Jenderal Perhubungan Laut sedang memeriksa salah satu kapal yang beroperasi di Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual, Maluku, Senin (13/5/2019)

Tual, Jurnas.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memastikan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual, Maluku, siap melayani angkutan laut Lebaran 1440 H/2019.

Kepastian tersebut setelah dilalukan uji petik atau pemeriksaan kelaiklautan terhadap kapal-kapal yang beroperasi di UPP Tual hari ini, Senin (13/5/2019).
 
“Kami menurunkan tim uji petik yang terdiri dari Marine Inspektor dari Kantor Pusat dan juga dari Kantor UPP Kelas II Tual,” ujar Kepala Sub Direktorat Rancang Bangun Stabilitas dan Garis Muat Kapal Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Gigih Retnowati.

Gigih menjelaskan, bahwa Pelabuhan Tual bisa dikatakan sebagai jantung Kepulauan Kei yang menghubungkan dengan pulau-pulau seperti pulau Kur, Tayando, Kei Besar dan Kepulauan Tanimbar, serta melayani pelayaran antara provinsi ke Papua. Dengan mobilitas penumpang yang tinggi, khususnya pada masa liburan atau hari raya, tentunya kondisi kapal penumpang perlu dipastikan telah memenuhi persyaratan kelaiklautan.

“Untuk itulah, kita melaksanakan Uji Petik guna memastikan kapal-kapal penumpang yang akan melakukan perjalanan liburan mudik laiklaut dan dalam kondisi prima, sehingga dapat mengantarkan para penumpang dengan selamat ke tempat tujuan untuk merayakan lebaran bersama keluarga," jelas Gigih.

Gigih mengatakan bahwa pada Uji Petik dilakukan terhadap 3 unit kapal penumpang, yakni KM Sabuk Nusantara 60, KM Tanjung Madlahar, serta Kapal Cepat Cantika Inova.


"Pada pemeriksaan ini kami menemukan beberapa temuan yang langsung kami sampaikan kepada Nakhoda sebagai perwakilan dari pemilik kapal untuk dapat ditindaklanjuti ke Operator sehingga dapat diperbaiki sebelum dimulainya angkutan lebaran,” ujar Gigih.

Sementara itu, Kepala Kantor UPP Kelas II Tual, Yahya Usia, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan kegiatan pemeriksaan kelaiklautan kapal di wilayah kerjanya yang merupakan bentuk perhatian dan komitmen Pemerintah dalam upaya mewujudkan keselamatan pelayaran dan memberikan pelayanan prima pada masyarakat selaku pengguna jasa.

“Para penumpang dan masyarakat setempat menyambut baik dan sangat mengapresiasi perhatian serius yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Perhubungan terhadap keselamatan dan penertiban pelayaran di Kota Tual,” tutup Yahya.

KEYWORD :

UPP Tual Uji petik Ditjen Hubla Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :