Jum'at, 19/04/2024 11:01 WIB

Empat Kapal Disabotase di Lepas Pantai Timur, Iran Disebut Dalangnya

Pernyataan itu mengatakan kapal-kapal tersebut berada di dekat perairan teritorial negara itu di Teluk Oman, di sebelah timur pelabuhan Fujairah.

Pelabuhan Fujairah terletak 140 km dari Selat Hormuz, yang menjadi fokus ketegangan Iran-AS (Foto: Hamad Mohammed / Reuters)

Dubai, Jurnas.com - Uni Emirat Arab mengatakan empat kapal komersial menjadi sasaran "operasi sabotase" setelah laporan palsu beredar di media Lebanon dan Iran yang mengatakan ada ledakan di salah satu pelabuhan negara.

Pejabat Emirat menolak untuk menjelaskan lebih detail siapa dalang di balik sabotase kapal komersial yang terjadi pada Minggu (12/5).

"Empat kapal dagang komersial sipil dari berbagai negara pagi ini mengalami sabotase di lepas pantai timur UEA," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan dilansir dari Al Jazeera.

"Menargetkan kapal komersial untuk operasi sabotase dan mengancam nyawa awak mereka dianggap sebagai berbahaya."

Pernyataan itu mengatakan kapal-kapal tersebut berada di dekat perairan teritorial negara itu di Teluk Oman, di sebelah timur pelabuhan Fujairah.

Dikatakan pihaknya sedang menyelidiki insiden itu bekerja sama dengan badan-badan lokal dan internasional. "Tidak ada cedera atau kematian di atas kapal dan tidak ada tumpahan bahan kimia atau bahan bakar berbahaya," jelasnya.

Insiden itu terjadi ketika Amerika Serikat memperingatkan kapal-kapal bahwa Iran atau kuasanyadapat menargetkan lalu lintas maritim di kawasan itu, dan ketika AS menyebarkan kapal induk dan pesawat pembom B-52 ke Teluk untuk menangkal ancaman dari Teheran.

Armada Kelima yang bermarkas di AS di Angkatan Laut Bahrain mengatakan pihaknya mengetahui laporan itu tetapi merujuk pertanyaan kepada pihak berwenang UEA.

Pemerintah Fujairah sebelumnya dalam sebuah twit membantah laporan media tentang ledakan di dalam pelabuhan dan mengatakan fasilitas itu beroperasi secara normal.

Pelabuhan Fujairah terletak sekitar 140 km dari Selat Hormuz, di mana sepertiga dari semua minyak di laut diperdagangkan.

Fasilitas ini menangani minyak untuk bunkering dan pengiriman, serta kargo umum dan curah. Daerah ini dipandang sebagai lokasi yang strategis, melayani rute pengiriman di Teluk, anak benua India, dan Afrika.

KEYWORD :

Ini Emirat Arab Iran Amerika Serikat Sabotase




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :