Rabu, 17/07/2019 03:29 WIB

Pengidap Maag Tak Perlu Khawatir untuk Diet

Banyak penderita maag menghindari diet, dikarenakan kekhawatiran akan penyakitnya yang akan kambuh kembali.

Ilustrasi diet turun badan

Jurnas.com - Sebuah pertanyaan seringkali muncul bagi penderita penyakit maag saat akan melakukan diet. Pasalnya, ini akan menjadi kendala bagi mereka.

Banyak penderita maag menghindari diet, dikarenakan kekhawatiran akan penyakitnya yang akan kambuh kembali. Sebenarnya, kekhawatiran ini tidak perlu terjadi, jika penderita maag mengerti cara aman diet bagi penderita maag.

Puasa menjadi bukti, bahwa penderita maag bisa tetap melakukannya di tengah penyakit yang dideritanya. Sama halnya dengan puasa, ada beberapa cara aman diet bagi penderita maag yang juga telah diformulasikan oleh banyak ahli gizi.

Hal ini akan membantu, khususnya mengurangi kekhawatiran mereka akan hal ini. Ada banyak pilihan makanan yang mendukung program diet penderita maag.

Beberapa ahli diet, tetap menyarankan pola makan teratur sebagai cara aman diet bagi penderita maag. Hal ini tentu sama dengan yang lainnya. Pola makan teratur akan berpengaruh pada produksi asam lambung, yang berperan penting pada munculnya maag dan rasa perih bagian pencernaan.

Selangkah demi selangkah turunkan berat badan

Sebaiknya penurunan berat badan yang akan dicapai pada penderita maag yang melakukan diet, tidak diforsir terlalu besar untuk waktu yang cepat. Selalu disarankan untuk menurunkan berat bada step by step, sehingga program ini tidak mengagetkan system pencernaan bagi penderi maag.

Penderita maag harus lebih dahulu memahami, sampai batas seberapa ia mampu melakukan diet di tahap awal. Hal ini menjadi perhati utama untuk cara aman diet bagi penderita maag.

Jika kebiasaan untuk berdiet sudah bisa diterima oleh tubuh, maka rutinitas ini bisa ditingkatkan lagi, sehingga penurunan berat badan yang bisa dicapai menjadi lebih besar. Yang tetap perlu diperhatikan adalah pola keteraturan dalam menjalani program diet ini.

Teratur, bukan hanya dalam hal menjaga waktu makan, tetapi juga menjaga waktu istirahat, aktivitas dan memanagement stress. Hal ini menjadi faktor utama untuk cara aman diet bagi penderita maag.

Faktor makanan sebagai pendukung cara aman diet bagi penderita maag

Sudah menjadi satu hal yang tidak bisa ditawar, adalah mengurangi makanan dengan kadar kalori tinggi dan kadar lemak tinggi saat diet, sekalipun bukan untuk penderita maag. Makanan dengan kadar kalori dan lemak yang tinggi, menjadi faktor pemicu cepatnya penambahan berat badan.

Bagi penderita maag, hal ini tetap dijalankan. Mengganti makanan tinggi kalori, biasanya dengan makanan tinggi serat, yang sangat baik untuk pencernaan. Beberapa buah sangat disarankan untuk dikonsumsi, misalnya papaya. Buah ini terbilang memiliki tingkat rasa asam yang rendah, sehingga terbilang bisa digunaan untuk mendukung cara aman diet bagi penderi maag.

Beberapa ahli kesehatan juga menyarankan untuk mengawali waktu makan, dengan mengkonsumsi sedikit makanan. Misalnya mengonsumsi sedikit nasi, untuk menghindari naiknya asam lambung secara tiba-tiba. Disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan sedikit-sedikit, atau dalam porsi kecil untuk menghindari kekambuhan maag.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat diet dilakukan, pengawasan dari tenaga kesehatan ada kalanya diperlukan. Saran ahli gizi tentang pilihan menu makanan, mungkin bisa menjadi saran yang terbaik sebagai cara aman diet bagi penderita maag.

TAGS : Tips Diet Pengidap Maag




TERPOPULER :