Minggu, 25/08/2019 06:25 WIB

Eggi Sudjana Tersangka, Habib Sholeh: Ulama yang Benar Tak Pernah Mengajak Makar

Habib Sholeh AlMuhdar

Jakarta, Jurnas.com - Bendahara Umum Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pondok Pesantren Indonesia (MP3I) Habib Sholeh Al Muhdar mendukung penuh langkah kepolisian yang menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan makar.

"Sekarang saya tanya deh, memangnya Ulama itu boleh makar. Apakah ada ulama mengajak umat melajukan makar. Kan enggak bisa. Siapa pun di negeri ini tidak boleh makar. Kalau melakukan itu harus ditindak tegas," ujar Habib Sholeh, Kamis (9/5/2019).

Habib Sholeh juga meminta semua pihak, jangan bawa-bawa nama ulama untuk memenuhi hasrat pribadi. Apalagi menghancurkan persatuan bangsa hanya untuk kepentingan sesaat.

"Sudah dan tolong hentikan upaya-upaya inkonstitusional. Kasihan umat, kasihan masyarakat dipecah belah begini. Harusnya kalau mereka benar-benar ulama, berfikirlah bagaimana umat itu tenang, bukan malah sebaliknya," tegas Habib Sholeh.

Ia mengingatkan, jangan membuat kegaduhan di bulan suci Ramadhan. Kalau pun ada kesalahan saat pemilu, maka selesaikan melalui jalur peraturan yang ada. Baik melalui MK ataupun lapor ke Bawaslu.

"Jadi jangan kayak anak kecil main kelereng. Kalau kalah bikin ribut dan buat aturan sendiri. Itu sikap tidak dewasa. Harusnya kalau berkompetisi siap menang siap kalah," imbuhnya.

Ditanya soal anggapan adanya kriminalisasi ulama terkait penetapan tersangka Eggi Sudjana, Habib Sholeh justru menilai merekalah yang dianggap melakukan tindakan kriminal.

Sebab tak mungkin aparat kepolisian menetapkan seseorang jadi tersangka tanpa alat bukti yang kuat.

"Saya dukung kepolisian tindak tegas siapa pun yang melakukan tindakan melawan konstitusi. Sebab negara kita negara hukum. Dan ini bulan puasa, jangan membuat kegaduhan yang dapat mengurangi nilai ibadah puasa," tuntas Habib Sholeh Al Muhdar.

TAGS : Habib Sholeh Eggi Sudjana Tersangka Makar




TERPOPULER :