Jum'at, 26/04/2024 05:29 WIB

Tes Darah Mampu Deteksi Penyakit Alzheimer

Sebuah penemuan baru-baru ini dalam pengujian darah dapat membantu mengarah pada perawatan baru untuk penyakit Alzheimer.

Para peneliti telah menemukan jumlah molekul lemak dalam darah dapat berkontribusi pada penumpukan peptida amiloid di otak. File Foto milik Pxhere

Jurnas.com - Sebuah penemuan baru-baru ini dalam pengujian darah dapat membantu mengarah pada perawatan baru untuk penyakit Alzheimer.

Para peneliti menemukan jumlah molekul lemak dalam darah dapat berkontribusi pada penumpukan amiloid peptida di otak, menurut penelitian yang dipublikasikan Rabu di jurnal Alzheimer`s & Dementia.

Sekarang, mereka ingin mengambil informasi ini dan menyusun metode untuk menguji molekul-molekul pada orang sebelum gejala Alzheimer terlihat.

"Ini adalah studi pertama di mana molekul lipid yang diproduksi di otak ditemukan dalam darah, karena disposisi amiloid meningkat pada penyakit Alzheimer," ujar Cristina Legido-Quigley, seorang peneliti di King`s College dan penulis studi dikutip UPI, Kamis (09/05).

"Amida berlemak ini dikenal sebagai pelindung saraf dan menyebabkan tidur. Ada juga bukti bahwa amiloid menumpuk di otak dengan kurang tidur, sehingga molekul-molekul ini mungkin memainkan peran dalam membersihkan amiloid beracun di otak," tambahnya.

Amiloid peptida berubah menjadi plak beracun di otak yang merusak sel-sel saraf, kata para peneliti. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak mulai bertahun-tahun sebelum gejala yang tampak seperti kehilangan memori seperti Alzheimer dapat terlihat.

Molekul lemak ini tumbuh dalam jumlah, kata para peneliti, sebagai akibat dari kurang tidur. Para peneliti mengamati, akumulasi molekul lemak telah berkorelasi dengan penyusutan otak dan demensia.

"Prasyarat yang sangat dibutuhkan untuk perawatan baru untuk penyakit Alzheimer adalah tes diagnostik yang andal yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi orang yang berisiko," kata Legido-Quigley.

KEYWORD :

Tes Darah Penyakit Alzheimer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :