Rabu, 17/04/2024 01:17 WIB

Uni Emirat Arab Bebaskan Kapal Militer Qatar

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Qatar menyatakan kepuasannya atas pembebasan kapal itu.

Bangunan pencakar langit Qatar (Foto: Nadine Rupp/Getty Images)

Doha, Jurnas.com - Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan telah membebaskan kapal militer Qatar yang disita akhir bulan lalu setelah memasuki perairan teritorial Emirati.

Menurut Kementerian Luar Negeri UEA, kapal itu membawa dua personil militer Qatar, bersama seorang Palestina dan seorang warga negara India, ketika kapal itu ditangkap pada 30 April.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Qatar menyatakan kepuasannya atas pembebasan kapal itu.

"Kapal itu sedang melakukan latihan rutin ketika menemui masalah teknis dan tersapu ke perairan Emirati, tempat kapal itu dan awaknya ditangkap oleh otoritas Emirat," tulis pernyataan itu, Senin (6/5).

"Qatar telah berupaya dalam beberapa hari terakhir, melalui semua saluran diplomatik yang tersedia dan dengan mediasi oleh negara-negara sahabat, untuk mengamankan pengembalian kapal dan awak kapal secara aman," tambahnya.

Sejak pertengahan 2017, UEA - bersama dengan Arab Saudi, Mesir dan Bahrain - memberlakukan embargo diplomatik dan komersial terhadap Qatar, menuduh negara itu mendukung kelompok-kelompok teroris.

Sementara itu, Qatar dengan tegas menyangkal klaim tersebut, menggambarkan embargo yang sedang berlangsung sebagai pelanggaran hukum internasional. (Anadolu)

KEYWORD :

Kapal Militer Uni Emirat Arab Qatar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :