Sabtu, 07/12/2019 15:11 WIB

Tim Uji Petik Sita Alat-Alat Keselamatan Pelayaran Tak Layak Pakai

Tim uji petik KSOP kelas III Tarakan menyita sejumlah alat-alat keselamatan pelayaran berupa life jacket dan life buoy yang sudah tidak layak pakai.

Sejumlah life jacket tak layak pakai disita Tim Uji Petik KSOP Kelas III Tarakan, Kalimantan Utara.

Tarakan, Jurnas.com - Jelang angkutan laut Lebaran 1440 H/2019, seluruh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) tingkatkan kegiatan uji petik, tak terkecuali di Tarakan, Kalimantan Utara.

Tim uji petik KSOP kelas III Tarakan menyita sejumlah alat-alat keselamatan pelayaran berupa life jacket dan life buoy yang sudah tidak layak pakai.

"Kami mengamankan sejumlah life jacket dan life buoy karena sudah tidak layak pakai ketika terjadi keadaan darurat," kata Kepala KSOP Kelas III Tarakan yang diwakili oleh Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli, Syaharuddin di Tarakan, Jumat (3/5/2019).

Syaharuddin mengingatkan pemilik kapal agar segera melakukan pergantian alat-alat keselamatan yang sudah dianggap tidak layak pakai untuk alasan keselamatan.

KSOP Tarakan juga akan bekerjasama dengan Dishub Provinsi Kaltara dan Kesehatan Pelabuhan untuk melakukan tes kesehatan dan alkohol bagi para awak kapal guna memastikan mereka dalam kondisi sehat jasmaninya.

"Tidak menutup kemungkinan kami juga akan melaksanakan tes narkoba yang dikoordinir oleh Dishub Prov Kaltara dan BNN Provinsi Kaltara," katanya.

Menurutnya uji petik ini dilakukan sejak, Kamis kemarin (2/5/2019). "Sebelumnya juga kami laksanakan di Sabtu (27/4/2019) lalu. Mengingat banyaknya transportasi laut jenis speed boat membuat kami harus membagi waktu untuk menyelesaikan pemeriksaan sebelum masuk bulan Ramadhan," tutup Syaharuddin.

TAGS : Kinerja Perhubungan Keselamatan Pelayaran KSOP Tarakan Uji Petik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :