Rabu, 24/04/2024 09:50 WIB

Ketua DPR Dorong Pemerintah Optimalisasi Guru di Daerah 3T

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah untuk melakukan pemetaan terhadap kebutuhan akan guru di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah untuk melakukan pemetaan terhadap kebutuhan akan guru di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Hal itu menyikapi masih terkendalanya pemerataan pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah 3T. Yang masih menjadi kendala adalah minimnya ketersediaan guru di berbagai wilayah.

"Mendorong Pemerintah untuk melakukan optimalisasi perekrutan calon guru terutama untuk guru yang akan ditugaskan di daerah 3T, guna meningkatkan kualitas guru kedepannya," kata Bamsoet, melalui pesan singkatnya, Jumat (3/5).

Politisi Partai Golkar itu mengimbau, agar para guru ASN maupun Honorer yang bertugas di daerah 3T diberikan fasilitas tambahan. Hal itu untuk mempermudah dalam melaksanakan kewajibannya mengajar.

"Mengingat banyaknya guru yang meninggalkan tugas hingga mengajukan permohonan untuk pindah mengajar di kota," terang Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas dan sarana prasarana pendidikan di daerah 3T, guna mendukung proses belajar mengajar di daerah tersebut.

"Mendorong Kemendikbud bekerja sama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) untuk terus melakukan penguatan pendidikan di daerah 3T," demikian Bamsoet.

KEYWORD :

Warta DPR Ketua DPR Bambang Soesatyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :