Kamis, 25/04/2024 08:07 WIB

India Perketat Tekanan di Paskistan

India akan menetapkan Pakistan dalam daftar pendanaan terorisme dunia.

Demonstran India menginjak poster kepala kelompok Jaish-e-Muhammad, Masood Azhar, pda bulan Februari (Foto: Francis Mascarenhask / Reuters)

Pakistan, Jurnas.com - Sehari setelah Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memasukkan nama Masood Azhar, pemimpin kelompok bersenjata yang berbasis di Pakistan, ke dalam daftar teroris asing, India mengatakan akan menetapkan Pakistan dalam daftar pendanaan terorisme dunia.

Menteri Keuangan India, Arun Jaitley, mengatakan bahwa New Delhi secara resmi akan mengajukan permintaan di hadapan Gugus Tugas Aksi Keuangan (FATF) ketika badan yang berbasis di Paris bertemu pada pertengahan Mei.

FATF, yang merupakan Kelompok Kerja Aksi Keuangan untuk Pencucian Uang, telah menjadikan Pakistan sebagai "daftar abu-abu" negara-negara dengan kontrol yang tidak memadai dalam mengendalikan pencucian uang dan "pendanaan terorisme".

Jaitley juga mengatakan bahwa pelabelan Azhar sebagai teroris global adalah pencapaian besar diplomatik untuk India.

Kelompok Azhar, Jaish-e-Muhammad (JeM), mengaku bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri bulan Februari yang menewaskan sedikitnya 40 polisi paramiliter India di Kashmir yang dikelola India.

Serangan terburuk terhadap pasukan keamanan dalam beberapa dekade membawa tetangga-tetangga bersenjata nuklir ke ambang perang.

Sekutu Pakistan, China, telah berulang kali menentang upaya PBB oleh negara-negara Barat untuk secara langsung memberikan sanksi kepada Azhar, meskipun JeM sudah dimasukkan daftar hitam oleh Dewan Keamanan PBB pada tahun 2001.

Kebebasan Azhar di Pakistan menjadi titik pahit dalam hubungan antara negara-negara barat dan Pakistan, dan telah menyebabkan tuduhan berulang-ulang oleh India bahwa Islamabad menggunakan dan melindungi kelompok-kelompok bersenjata untuk memajukan agenda kebijakan luar negerinya.

"Bola sekarang di pengadilan Pakistan. Penunjukan di bawah komite 1267 mengharuskan negara untuk mengambil tindakan terhadap kelompok-kelompok teroris di tanahnya," Ajai Shukla, seorang analis keamanan India, mengatakan kepada Al Jazeera.

"Apakah Pakistan mengambil tindakan atau tidak, India akan mendapatkan sesuatu. Jika (Pakistan) mengambil tindakan, berarti itu baik untuk mengurangi kegiatan Jaish-e-Muhammad sebagai kelompok teroris yang memicu terorisme di India," katanya.

"Jika Pakistan tidak melakukan tindakan maka Pakistan akan terekspos sebagai negara yang tidak mengambil tindakan yang diperlukan terhadap kelompok-kelompok teroris," tambahnya.

India mengirim pesawat tempur ke tetangga yang bersenjata nuklir untuk mengebom apa yang New Delhi klaim sebagai kamp JeM. Kedua negara terlibat dalam kontak senjata yang mengakibatkan jatuhnya jet tempur India dan penangkapan pilotnya oleh Islamabad.

Perdana Menteri India, Narendra Modi sejak itu menjadikan keamanan nasional sebagai papan utama selama pemilihan umum multi-fase yang dimulai pada 11 April. Hasilnya akan keluar pada 23 Mei.

"Dunia tidak bisa lagi mengabaikan suara 1,3 miliar orang India," kata Modi pada rapat umum pemilihan hari Rabu, menyebut keputusan PBB itu kemenangan diplomatik yang hebat bagi negara itu.

Tawaran pemilihan ulang Modi telah menerima perangsang besar setelah daftar hitam PBB Azhar, dengan India memuji upaya diplomatik pemerintah di PBB.

"PBB menempatkan Masood Azhar dalam daftar teror globalnya, setelah China menghapus keberatan adalah kemenangan diplomatik besar bagi India," kata seorang peneliti yang berbasis di Delhi, Angana Guha Roy.

"Ini juga menunjukkan dukungan diplomatik Amerika yang tak kenal kompromi untuk sikap keras India melawan terorisme," sambungnya.

Kementerian luar negeri Pakistan menanggapi pada Rabu setelah keputusan PBB, menyebut India "pendudukan" Kashmir "terorisme yang disponsori negara".

"Pasukan pendudukan India terus membantai warga Kashmir, menikmati kekebalan hukum ... melalui hukum kejam," kata satu pernyataan kementerian.

"Kami akan terus memberikan dukungan diplomatik, politik dan moral kepada saudara-saudara kami di Kashmir," tambahnya.

Tetapi, seorang analis keamanan yang berbasis di Islamabad, Zahid Hussain mengatakan, "Ada tekanan internasional yang kuat pada Pakistan untuk mengambil tindakan lebih keras terhadap organisasi militan yang terlibat dalam kegiatan teroris lintas perbatasan."

"Setelah sanksi PBB, Pakistan diharuskan untuk mengambil tindakan yang lebih efektif terhadap Masood Azhar termasuk membatasi gerakannya dan melarang kegiatan JeM," kata Zahid.

Seorang pemimpin senior di Kashmir yang dikelola India mengatakan bahwa keputusan PBB itu tidak menguntungkan Kashmir.

"Perbatasan kami tegang, jalan raya kami telah ditempati, anak-anak kami sekarat setiap hari dan ruang politik kami telah diperas, sehingga tidak berdampak pada Kashmir," kata Naeem Akhtar, pemimpin Partai Rakyat Demokratik.

"Kecuali jika kekerasan berakhir di Jammu dan Kashmir (yang dikelola India), tidak ada yang akan berubah," katanya.

Sekitar 500.000 pasukan keamanan India ditempatkan di wilayah Kashmir yang disengketakan, bertugas memerangi berbagai kelompok bersenjata. Puluhan ribu orang tewas dalam konflik yang sudah berlangsung beberapa dasawarsa itu.

Kashmir telah dibagi antara India dan Pakistan sejak berakhirnya pemerintahan kolonial Inggris pada tahun 1947. Keduanya mengklaim wilayah mayoritas Muslim secara keseluruhan dan telah berperang dua kali. (Al Jazeera)

KEYWORD :

Pakistan India Masood Azhar Jaish-e-Muhammad




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :