Sabtu, 11/07/2020 09:18 WIB

Lima Tips Agar Terhindar Bau Mulut Saat Puasa

Kondisi mulut yang kering saat sedang berpuasa seringkali menimbulkan napas yang kurang sedap, bagaimana mengatasinya?

Ilustrasi Gigi Sehat

Jakarta, Jurnas.com - Untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulut yang sehat merupakan syarat mutlak, begitupun saat menjalani ibadah puasa yang tinggal hitungan hari lagi.

Pakar kesehatan gigi dan mulut Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. menuturkan saat berpuasa, kondisi mulut yang kering sering kali menimbulkan nafas yang kurang sedap.

"Karena kita tidak makan ataupun minum seharian, maka produksi air liur yang berfungsi membilas kuman penyebab plak dan bau mulut otomatis menurun," ujar dr Mirah.

Dengan bakteri yang terus berkembang biak tanpa adanya pembilasan dari air liur, maka kondisi ini menghasilkan gas berbau tidak sedap dari dalam mulut.

Lalu bagaimana agar nafas tetap segar saat berpuasa, yuk simak tips dari dr Mirah:

1. Air putih dan makanan berserat

Perbanyak air putih dan makanan berserat di kala sahur dan berbuka. Hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin, serta minuman yang tinggi kadar kafein.

2. Sikat gigi dua kali sehari

Sikat gigi dua kali sehari, pertama bisa sebelum sahur jam setengah lima atau sehabis sahur, kemudian bisa jadi asam dan terus menerus pastinya akan timbul bau mulut.

Kedua, malam sebelum tidur, ketika habis berbuka langsung sikat gigi abis makan, tapi masih ada kegiatan lain, tarawih makanan kecil lagi langsung tidur, menjaga tidur juga.

Disarankan juga sikat lidah, di permukaan lidah bakteri banyak pastinya karena kondisi kering itu harus perbanyak minum air putih.

3. Kurangi minum yang picu dehidrasi

Kurangi minuman yang dapat memicu dehidrasi seperti minuman yang tinggi kadar kafeinnya, banyak kandung gula yang sangat tinggi karena dapat menyebabkan dehidrasi atau sering ke belakang.

4. Berbuka dengan kurma

Kurma selain mengandung serat dan merangsang air liur ternyata juga mengandung kalsium dan flouride, baik dikonsumsi jangan lupa tidak terlalu banyak, walau pemanis alami jangan lupa menyikat gigi.

TAGS : Bau Mulut Napas Segar Bulan Puasa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :