Jum'at, 17/05/2024 01:04 WIB

Langkah Cepat Menghilangkan Bau Mulut

Permen karet yang mengandung xylitol efektif untuk melawan bau mulut.

Cara alami atasi bau mulut ( Foto : Alodokter )

Jakarta, Jurnas.com - Bau mulut merupakan masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri, masalah ini juga bisa mengganggu aktivitas sosial karena membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. 

Simak cara berikut ini untuk menghilangkan bau mulut.

Jaga kebersihan mulut dan gigi

Sikat gigi minimal dua kali sehari, gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, dan berkumur dengan mouthwash yang tidak mengandung alkohol.

Selain itu, sebaiknya Anda mengganti sikat gigi setiap dua bulan sekali dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal setiap enam bulan.

Bagi yang memakai gigi palsu, pastikan untuk membersihkannya secara teratur agar tidak ada sisa makanan yang menumpuk dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang memicu bau mulut.

Tingkatkan asupan air mineral

Konsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menjaga metabolisme tubuh dan mencegah bau mulut serta gangguan pencernaan.

Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat mencegah mulut menjadi kering, yang turut menjadi pemicu kondisi ini. 

Hentikan kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan yang dijauhi seperti merokok, minuman beralkohol, dan kafein. Selain itu, hindari pula mengonsumsi makanan dengan bau menyengat seperti jengkol, petai, bawang, dan durian.

Mengunyah permen karet

Pilih permen karet yang bebas gula dan mengandung xylitol. Karena ini efektif untuk melawan bau mulut sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri.

Anda bisa mengunyah permen karet xylitol selama lima menit setelah makan.

Gunakan bahan alami

Anda bisa menggunakan bahan alami seperti daun sirih. Jika tidak nyaman mengunyahnya, bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih.

Opsi lain bisa memanfaatkan cengkeh, kayu manis, dan daun peppermint dengan cara yang sama untuk mengusir aroma tak sedap pada mulut.

Minum yogurt

Mengonsumsi 85 gram yoghurt bebas gula dua kali sehari selama enam minggu ternyata juga dapat membantu mengatasi bau mulut. Ini lantaran yoghurt dapat mengurangi kadar senyawa sulfida yang menjadi penyebab aroma mulut yang terasa kurang sedap. 

KEYWORD :

Bau mulut cara mengatasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :